spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaSoal Ruang Isolasi di Desa, Kadis PMD Sinjai: Itu Sesuai Intruksi Pemerintah...

    Soal Ruang Isolasi di Desa, Kadis PMD Sinjai: Itu Sesuai Intruksi Pemerintah Pusat

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Penyediaan tempat karantina khusus atau ruang isolasi di Desa, kini telah ditindak lanjuti sejumlah pemerintah desa yang ada di Kabupaten Sinjai.

    Ruang isolasi khusus ini diperuntukkan bagi warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Orang Tanpa Gejala (OTG) di setiap desa.

    Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, Drs Yuhadi Samad bahwa secara umum, permintaan penyediaan ruang isolasi di desa disambut baik oleh sejumlah desa.

    Seperti yang diungkapkan Yuhadi, bahwa saat ini sudah ada Desa yang tengah penyiapan sarana itu, diantaranya Desa Lappa Cendrana, Kecamatan Bulupoddo, Desa Gunung Perak dan Desa Turungan Baji Kecamatan Sinjai Barat.

    “Untuk sementara baru desa itu yang sudah fix dan itu bervariasi, kemudian menyusul Desa lainnya, namun secara umum semua Desa siap”, kata Yuhadi yang ditemui diruang kerjanya, Rabu (10/6/2020)

    Untuk sarananya, Yuhadi menyebutkan jika ada Desa yang memanfaatkan gedung atau bangunan lama kantor Desanya, ruang lab sekolah, rumah kosong, Tribun olahraga hingga ruang data kantor desa.

    “Jadi bentuk ruang isolasi itu sesuai standar Desa menyesuaikan dengan kondisi atau keadaan desa itu sendiri”, tambahnya.

    Penggunaan dana desa dalam penyediaan sarana isolasi di desa ini, kata Yuhadi juga mengacu pada Surat edaran dari Kementerian Desa PDTT Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Corona dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

    Selain itu juga diatur Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2020 tentang penanggulangan coronavirus covid-19 di desa melalui anggaran pendapatan dan belanja Desa.

    Kemudian ditindaklanjuti dengan surat edaran Gubernur Selatan Nomor: 44.3/2168/DPMD tentang pedoman pelaksanaan Desa tanggap virus corona dan padat karya tunai desa di provinsi Sulawesi Selatan.

    Selanjutnya ditindaklanjuti surat edaran Bupati Sinjai Nomor: 188.34/14536/set tentang pedoman pelaksanaan Desa tanggap virus corona dan padat karya tunai desa di Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan.

    “Perlu saya tegaskan bahwa penyediaan ruang isolasi ini merupakan kebijakan pusat yang kemudian ditindak lanjuti dengan edaran Gubernur dan Bupati Sinjai, Jadi bukan permintaan Pemkab Sinjai sepenuhnya”, jelasnya.

    Memang kata Mantan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai ini bahwa prioritas penggunaan anggaran dana desa hanya tiga saat ini ditengah Pandemi Covid-19, pertama yaitu pembangunan infrastruktur secara swakelola dengan sistem Padat Karya Tunai Desa (PKTD) untuk memperkuat daya tahan ekonomi desa dan pendapatan masyarakat.

    Kedua, pembentukan relawan Covid-19 desa yang bertujuan bagaimana memantau dan manjaga desa masing-masing agar penyebaran Covid-19 tidak meluas.

    Dan ketiga pemberian bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat miskin atau masyarakat yang terdampak Covid-19.

    “Ini yang perlu dipahami bahwa memang perintah pusat dan itu sudah diatur dengan kebijakan yang telah terbit diatas”, tandasnya.

    Terpisah, Kepala Desa Lappacinrana Kecamatan Bulupoddo, A. Mulyanto membenarkan jika pihaknya sudah menyediakan ruang isolasi di Desanya.

    Menurut A. Mulyanto, ruang isolasi yang disiapkan di Desanya ini adalah bekas kantor desa lama yang dulunya digunakan untuk rumah dataku Kampung Keluarga Berencana (KB).

    Meski demikian, ia berharap fasilitas itu tidak digunakan. Artinya tidak ada warga yang dikarantina atau di isolasi di tempat tersebut.

    “Di kantor lama itu ada tiga ruangan yang kami siapkan untuk ruang isolasi, tapi mudah-mudahan tidak dipakai lah”, katanya.

    A. Mulyanto mengaku tidak mempermasahkan dengan penyediaan ruang isolasi di Desanya, sebab kata dia fasilitas ini juga untuk masyarakat setempat, sekaligus untuk memberikan rasa aman kepada warganya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts