WFH Berakhir, Begini Aktivitas Perkantoran di Sinjai

0
57

SINJAI – Pemkab Sinjai memberlakukan adaptasi normal baru atau baru normal secara bertahap, dimulai dengan kembalinya aktivitas aparatur sipil negara (ASN) di setiap perkantoran pada Jumat (5/6/2020).

Berdasarkan pantauan, beberapa instansi di Lingkup Pemkab Sinjai mengawali aktivitas perkantoran setelah berakhirnya aturan Work From Home (WFH) atau kerja dari rumah dengan melaksanakan kerja bakti.

Seperti yang terlihat di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai seluruh ASN dan non ASN tampak memulai aktivitas dengan melaksanakan pembersihan di halaman kantornya.

Kepala Disparbud Sinjai Haerani Dahlan menyampaikan bahwa aktivitas kantor kembali normal dengan kehadiran seluruh ASN namun protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tetap diterapkan.

“Harus ini kita memulai aktivitas dengan tatanan normal baru, dimana seluruh pegawai masuk kerja namun mereka wajib menaati protokol kesehatan yang ada seperti wajib memakai masker, cuci tangan pakai sabun sebelum memasuki ruangan dan tetap menjaga jarak, ” katanya.

Untuk setiap tamu yang datang lanjut Haerani, tidak lagi diperkenankan masuk ke ruangan namun pihaknya menyiapkan lobby khusus untuk menerima tamu tetap dengan mengatur jarak kursi.

Sementara untuk non ASN, pihaknya masih menerapkan sistem shift karena jumlah non ASN terbilang banyak disisi lain ruangan yang ada terbatas sehingga physical distancing tetap diterapkan.

“Jadi untuk non ASN kita tidak wajibkan masuk semua karena ruangan kita terbatas, kita tetap terapkan bergiliran masuk kantor agar suasana kantor tidak terlalu ramai, ” ujarnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Sinjai. Hari pertama pemberlakukan new normal seluruh pegawai masuk kerja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada.

“Kita sudah siapkan tempat cuci tangan dan sabun sebelum masuk, kemudian jarak kursi di ruangan kita atur agar berjarak dan yang paling penting tetap memakai masker, ” kata Kadis Sosial Sinjai H. Muh. Irvan.

(Aan / Icha Kominfo Sinjai)