Pemkab Sinjai Siap Ikuti Lomba Inovasi Daerah ‘New Normal Life’

0
309

SINJAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menyatakan siap mengikuti Lomba Inovasi Daerah dalam penyiapan dan rencana pelaksanaan tatanan normal baru (New Normal) produktif dan aman Covid-19 secara virtual yang dihelat Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal itu disampaikan Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), Adityawarman Atma Poetra saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (4/6/2020).

Lomba ini menurut dia, salah satunya bertujuan mendorong gerakan nasional untuk membuat dan melaksanakan protokol Covid-19 untuk daerah.

Dijelaskannya, ada tujuh sektor yang menjadi sasaran dalam lomba inovasi daerah ini yaitu, Pasar Tradisional, Pasar Modern, Angkutan Umum, Restoran, Hotel, Pelayanan Terpadu serta Tempat Wisata.

“Dengan kriteria penilaian yaitu, kesesuaian protokol Covid-19, Aplikasi/Replikasi, Kreatifitas serta kolaborasi/kerjasama,” sebut mantan Camat Pulau Sembilan ini.

Lebih lanjut, Adityawarman mengatakan, dalam lomba video tersebut Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri ingin mencari bahan formulasi kebijakan terkait dengan penerapan New Normal yang dapat di Replikasi dan diaplikasikan secara umum dan merata di seluruh indonesia.

Sehingga Lomba berbentuk video pendek yang merupakan simulasi new normal life, dikatakan Adityawarman menyampaikan pesan dan ajakan bagaimana masyarakat untuk dapat kembali beraktifitas secara normal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami dari pemerintah daerah mengharapkan dalam video ini dapat memberikan stimulans kepada masing-masing sektor maupun OPD teknis untuk senantiasa berinovasi dalam hal bagaimana mengajak masyarakat untuk tetap patuh terhadap protokol Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu terkait dengan kesiapan Pemkab Sinjai, Adityawarman menyebut dari masing-masing sektor sampai saat ini sudah melakukan penggarapan dan sudah ada 6 sektor yang sudah selesai untuk proses pengambilan gambar.

“Rencana hari ini ada lagi satu pengambilan video, mudah-mudahan kita targetkan besok pagi semua sudah selesai termasuk proses editing, karena panitia lomba menargetkan dari tanggal 1-8 Juni, itu termasuk dari penggarapan video dan proses uploading di website yang sudah disediakan oleh Kemendagri,” jelasnya.

Pihaknya dari Pemkab Sinjai pada rapat pertama bersama dengan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) juga manargetkan kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan mengharapkan mampu meraih juara.

Tim penilai lomba ini terdiri dari berbagai pihak, di antaranya Kemendagri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Terkait jadwal pelaksanaan, rencananya lomba ini akan berlangsung mulai dari 8 Juni dan diumumkan pada 28 Juni 2020. (Jum/Lis Kominfo Sinjai)

Previous articleRumah Warga Dijadikan Tempat Isolasi Mandiri, Camat Beri Apresiasi
Next articleTahun Ini BPN Sinjai Terbitkan Sertifikat 1.850 Bidang Tanah