spot_img
Thursday, March 28, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaHingga Gelombang III, 82 Peserta Program Kartu Pra Kerja Lolos Seleksi

    Hingga Gelombang III, 82 Peserta Program Kartu Pra Kerja Lolos Seleksi

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Sebanyak 82 warga Sinjai dinyatakan lulus dalam seleksi program kartu pra kerja hingga gelombang ketiga. Mereka yang lulus inilah nantinya yang berhak mendapat insentif bantuan dengan total Rp3.550.000 per orang.

    Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai H. Firdaus mengatakan bahwa jumlah ini berdasarkan pendampingan yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai.

    “Jumlah pendaftar program ini hingga gelombang ketiga yang kami fasilitasi sekitar 400 orang dan 82 diantaranya lolos seleksi. Jumlah ini belum termasuk dengan warga yang mendaftar secara mandiri karena informasi kelulusan itu langsung ke kontak masing-masing pendaftar, ” kata H. Firdaus saat menjadi narasumber dalam dialog Interaktif di Studio Sinjai TV, Selasa (12/5/20).

    Sementara untuk pendaftaran gelombang ke empat, saat ini belum dibuka dan pihaknya masih menunggu jadwal dari Kemenko Perekonomian.

    Diketahui, mereka yang menerima kartu pra kerja ini para pekerja yang terdampak di perusahaan, baik mereka yang kena PHK, ataupun yang dirumahkan namun belum mendapat upah. Termasuk pekerja harian yang usahanya terdampak.

    Di Sinjai sendiri hingga saat ini ada 202 orang pekerja yang di rumahkan akibat pandemi global virus corona.

    Mereka yang lolos akan mengikuti Pelatihan sesuai dengan Perpres Nomor 36 tahun 2020 tentang pengembangan kompetensi kerja melalui program Kartu Pra Kerja.

    Adapun biaya pelatihan yang diberikan sebesar Rp 1 juta yang nanti dimanfaatkan untuk membeli paket pelatihan yang tersedia sebanyak 2.000 jenis.

    Sejumlah materi pelatihan tersebut berasal dari 233 lembaga pelatihan yang terkoneksi di delapan platform digital, yaitu Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir, dan Kemnaker.go.id.

    “Jadi saya ingin memberikan update, Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan, artinya yang membedakan dengan model pelatihan sebelumnya adalah anggaran APBN diberikan ke masyarakat yang bisa memilih pelatihan sendiri,” ucapnya.

    Sebagai informasi, peserta program Kartu Prakerja mendapat insentif sebesar Rp2,4 juta per orang selama 4 bulan dari total dana yang diperoleh Rp3.550.000. Sisa dananya merupakan biaya pelatihan Rp 1 juta dan dana survei kebekerjaan sebesar Rp150 ribu. (AaN Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts