Cegah Covid-19, Pasar di Sinjai Barat Hanya Beroperasi Sekali Seminggu

0
215

SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) dan ESDM memastikan Pasar Sentral Sinjai belum ditutup akibat pandemi Virus Corona (Covid-19).

Meski demikian, beberapa pasar yang ada di Kecamatan mengalami pembatasan jadwal hari pasar. Di Kecamatan Sinjai Barat misalnya, sebanyak tiga pasar mengalami pembatasan tersebut.

Ketiganya adalah pasar Tassililu, Pasar Arabika dan pasar Bonto Salama. Masing-masing hanya beroperasi sekali seminggu.

Hal itu merupakan hasil koordinasi yang disepakti oleh Kadis Perindag Sinjai, Ir H Ramlan Hamid, Anggota DPRD Sinjai Hj Nurbaya Toppo, Camat Sinjai Barat, A. Paris, Kapolsek Sinjai Barat, AKP Kasri, Danramil Sinjai Barat, Lettu Inf Tamrin serta para Lurah dan Kepala desa di ruang kerja Camat Sinjai Barat, Senin (6/4/2020)

“Jadi pembatasan jadwal hari pasar ini dilaksanakan terkait aspirasi masyarakat Kecamatan Sinjai Barat agar pemerintah kecamatan mengambil Langkah – langkah antisipasi merebaknya wabah Virus Disease Covid-19”, kata Camat Sinjai Barat, A. Paris.

Adapun hasil koordinasi tentang perubahan Jadwal Pasar adalah Kelurahan Tassililu setiap hari Sabtu (Rabu tidak pasar), Pasar Arabika setiap Hari Kamis (Minggu tidak Pasar) dan pasar BontoSalama setiap hari Selasa (Jumat tidak Pasar).

“Dalam seminggu ada 3 pasar, hanya hari Sabtu, Kamis dan hari Selasa saja mulai pukul 07:00-11:00 Wita”, jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Sinjai Barat, AKP Kasri berharap informasi perubahan jadwal hari pasar tersebut bisa disosialisasikan ke masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Sinjai Barat.

Termasuk memerintahkan seluruh personel dan Bhabinkamtibmas agar memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang akan kepasar memakai Masker, Kaos tangan, Mencuci tangan Pada tempat yang telah disediakan dan memeriksa suhu tubuh pada petugas yang ada di pasar.

“Yang paling penting juga menjaga Jarak Sesuai Standar WHO serta tidak bepergian keluar daerah dengan mentaati Anjuran Pemerintah dan Maklumat Kapolri”, harap AKP Kasri.

( Irawan / Icha Kominfo Sinjai)