Tingkatkan Imun Tubuh dengan Konsumsi Cabai

0
182

SINJAI – Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi penyebaran corona atau Covid-19. Beberapa diantaranya adalah menerapkan physical distancing atau tinggal di rumah, cara ini diyakini paling aman untuk memutus mata rantai penularan covid-19.

“Kalau kita tinggal diam di rumah maka virusnya tidak akan bergerak dan jika diam maka dengan sendirinya virus itu akan mati. Demikian sebaliknya kalau kita aktif berativitas maka virus itu juga akan bergerak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. A. Suryanto Asapa.

Upaya lain yang bisa dilakukan, menggunakan masker jika mengalami gejala flu dan batuk, istirahat yang cukup, rajin berolahraga ringan hingga rajin mencuci tangan.

“Yang paling aman cuci tangan pada air mengalir dengan anti septik jauh lebih baik dibandingkan memakai hand sanitizer karena jika kita 5 kali memakai hand sanitizer maka harus dibilas air bersih,” katanya saat ditemui, Kamis (2/04/20).

Tidak berhenti sampai di situ, untuk mencegah penyebaran virus corona kata dr. Dedeth sapaan Kadinkes Sinjai, mengonsumsi makanan sehat juga menjadi salah satu cara yang dianjurkan oleh Kemenkes hingga WHO.

Alasannya, makan makanan sehat dan bergizi mampu menjaga dan meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh. Pasalnya daya tahan tubuh yang tinggi dipercaya dapat mencegah seseorang terjangkit virus, termasuk virus Covid-19.

Makanan sehat dan bergizi yang dimaksud adalah makanan yang banyak mengandung vitamin C sebab sangat ampuh menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Dibanding buah jeruk kata dr. Dedeth, ternyata cabai mengandung konsentrat vitamin C jauh lebih tinggi.Cabai adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan gizi.

“Sekarang ini banyak masyarakat yang mencari buah jeruk sebagai penangkal virus, padahal cabai memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dibanding jeruk. Diantara berbagai jenis cabai, cabai hijau adalah jenis cabai yang paling banyak mengandung vitamin C” bebernya.

( Aan / Icha Kominfo Sinjai )