spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPendidikan dan Peningkatan Kualitas SDM di Sinjai

    Pendidikan dan Peningkatan Kualitas SDM di Sinjai

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Proses peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan pendidikan amatlah penting, untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pendidikan (Disdik) terus berupaya mewujudkan kualitas dan kuantitas pendidikan di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah tersebut.

    Berbagai usaha pembangunan pendidikan yang berkualitas dilakukan, antara lain, melalui pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan bahan belajar, serta berbagai Bimbingan Teknis (Bimtek) pelatihan bagi guru.

    Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa mengemukakan bahwa terdapat enam program Dinas Pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas.

    Dua program, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan seperti OPD yang ada di Lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai. Sementara empat program lainnya merupakan program strategis.

    Diantaranya kata dia, program pendidikan anak PAUD yang didalamnnya terdapat beberapa kegiatan seperti pembinaan bagi PAUD itu sendiri dengan melakukan festival kreatifitas anak PAUD, Bimtek agreditasi lembaga PAUD serta pengembangan sumber daya manusia terkait dengan tenaga-tenaga pengajar yang di PAUD di Kabupaten Sinjai.

    Sedangkan untuk program pendidikan dasar yang meliputi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) meliputi pelaksanaan ujian sekolah dan ujian nasional.

    Program lainnya, sambung Jefrianto yakni program pendidikan kesetaraan yang menyangkut tentang paket A, B dan C. Juga kursus-kursus yang dikembangkan melalui Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

    “Kemudian, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang berada dalam program pendidikan kesetaraan pada tahun ini, Insa Allah akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer, dibanding dengan tahun sebelumnya hanya menggunakan pencil dan kertas (manual),” ungkap Jefrianto, Selasa (31/3/2020).

    Lebih lanjut kata Jefrianto, khusus dalam program peningkatan mutu pendidik, tenaga kependidikan dan kualitas sumber daya manusia berkaitan dengan bagaimana melaksanakan seleksi calon kepala sekolah dan calon Pengawas (Cawas).

    “Selain itu beberapa pelatihan bimtek atau pelatihan yang dilakukan bagi guru dan kepala sekolah melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKKS), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) maupun melalui gugus sekolah. Itu semunya dilakukan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia pendidikan di Kabupaten Sinjai,” tandasnya.

    (Jum/Lis)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts