Jemput Bola, Disdukcapil Sinjai Berhasil Lampaui Target

0
72

SINJAI – Capaian persentasi program penataan administrasi kependudukan melalui pelayanan dokumen kependudukan atau pelayanan keliling, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) selama Tahun 2019 melampaui target.

Teranyar, program pelayanan keliling pencatatan sipil itu telah dilaksanakan di 80 desa/kelurahan yang ada di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah tersebut.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengemukakan, dalam program penataan administrasi kependudukan terdapat tiga pelayanan dasar yang melampaui target. Misalnya, sebut dia, dokumen akta kelahiran.

“Dari target kinerja yang direncanakan sebanyak 5.000 jiwa, terealisasi sebanyak 5.961 jiwa telah mendapatkan dokumen akta kelahiran,” beber ASA dalam Rapat paripurna DPRD penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah tahun anggaran 2019, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sinjai, Kamis (19/3/2020) lalu.

Capaian tersebut bukan hanya karena pelayanan dilakukan di Kantor Dukcapil yang berada di Kota Sinjai, namun capaian tersebut karena sistim pelayanan dilakukan dengan sistem jemput bola

Demikian juga merupakan bukti kepe­dulian warga yang cukup tinggi dalam mengurus administrasi kependudukan akta kelahiran yang juga meru­pakan amanat Undang-un­dang.

Bukan hanya dokumen akta kelahiran yang melampaui target, tetapi kata Bupati ASA pelayanan kartu identitas anak (KIA) di tingkat desa/kelurahan dan sekolah se-Kabupaten Sinjai.

Sebab, dari target kinerja yang direncanakan sebanyak 7.000 jiwa anak, terealisasi sebanyak 1.466 jiwa anak. Demikian halnya dengan pelayanan dokumen kependudukan berupa pelayanan keliling pendaftaran penduduk.

“Untuk dokumen kependudukan berupa pelayanan keliling terutama kartu keluarga (KK) dan KTP-el, dari target sebanyak 5000 KTP, terealisasi sebanyak 6614 KTP,” jelas Alumnus Monash University Melbouene Australia ini.

Meski begitu capaian tersebut tidak lantas membuat Bupati yang telah menorehkan sebanyak 31 penghargaan untuk Kabupaten Sinjai selama Tahun 2019, merasa puas.

Baginya, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat adalah sebuah keharusan. Apalagi, dalam urusan dokumen kependudukan, sebut­nya, merupakan salah satu administrasi yang sangat pen­ting yang harus dimiliki oleh warga Indonesia, sebagai salah satu kelengkapan administrasi dalam berbagai keperluan.

(Jum /Lela Kominfo Sinjai)