Penyuluhan Mobile Puskesmas Samataring Cegah Covid-19

0
117

SINJAI – Penyuluhan Mobile ke setiap desa menjadi salah satu upaya puskesmas Samataring, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai dalam meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap Corona Virus Disease (COVID-19).

Kepala Puskesmas Samataring, Bahreni Bakri mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan pada setiap wilayah kerja UPTD PKM Samataring di 3 Desa dan 1 Kelurahan desa.

“Penyuluhan ini dilakukan di masjid dan rumah-rumah penduduk, adapun penanggung jawab kegiatan ini adalah Camat Sinjai Timur,” ungkap Bahreni, Selasa (24/3/2020).

Sekaitan dengan Covid-19 yang saat ini tengah mewabah di beberapa Negara termasuk di Indonesia, Kecamatan Sinjai Timur yang di Pimpin oleh Andi Amir sesuai dengan Instruksi Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) komitmen dalam memutus mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut.

Hal itu dibuktikan dengan pembentukan Tim Tanggap Covid-19 Kecamatan Sinjai Timur.

Pelaksana penyuluhan dilakukan dikatakan, Bahreni oleh Tenaga Promkes PKM Samataring, dan Aparat Desa, Polri, TNI, serta BPBD.

“Tujuan kegiatan ini adalah agar masyarakat dapat mengetahui gejala dan pencegahan Covid19. Adapun gejalanya seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk, demam serta sesak nafas (pneumonia),” demikian Bahreni menandaskan.

Berkaitan dengan gejala tersebut, Bahreni menyebut beberapa
langkah pencegahan diantaranya membersihkan tangan secara rutin dengan cairan pencuci tangan berbahan alkohol atau sabun dan air.

Selain itu, dapat menerapkan etika batuk (menutupi hidung dan mulut dengan tisu atau siku yang ditekuk saat batuk dan bersin) dan menghindari kontak jarak dekat (1 meter atau 3 kaki) dengan siapa pun yang memiliki gejala batuk atau flu.

(Jum / Icha Kominfo Sinjai)