Disdik Sinjai Mantapkan Persiapan Jelang Pelaksanaan Ujian Sekolah

0
90

SINJAI – Dalam rangka mewujudkan kebijakan Kementerian Pendidikan dalam agenda tahunan tentang pelaksanaan ujian yang diselenggerakan satuan pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai menggelar sosialisasi pelaksanaan atau persiapan ujian sekolah tingkat SD/MI dan paket A Tahun pelajaran 2019/2020.

Sosialisasi yang dilangsungkan di Aula Wisma Hawai, Senin (16/3/2020) dihadiri para Kepala Bidang Lingkup Dinas Pendidikan Sinjai, dan Koordinator Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah SD dan MI serta pengelolah PKBM.

Dalam sambutannya panitia pelaksana, Usman menyatakan bahwa berdasarkan Permendikbud Nomor 43 tahun 2019 bahwa ujian sekolah dapat diselenggerakan dalam bentuk portofolia, penugasan tes tertulis dan atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan satuan pendidikan sesuatu dengan kompetisi yang diukur berdasarkan standar Nasional pendidikan.

Sekaitan dengan hal itu, tujuan sosialisasi ini digelar yakni, untuk memahami tentang pelaksanaan ujian sekolah yang diselenggarakan oleh satuan Pendidikan, menyusun dan menyepakati tentang pembuatan kisi-kisi dan soal ujian sekolah.

Selaian itu, untuk menyusun dan menyepakati rencana pelaksanaan ujian sekolah, dan memberi pemahaman kepada semua pihak tentang sistem pelaksanaan ujian sekolah yang diselenggerakan oleh satuan pendidikan.

“Hal ini juga sejalan dengan kebijakan merdeka belajar dalam penentuan kelulusan,” kata Usman.

Sementara itu, Kepala Bidang Sekolah Dasar Marsuki Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Sinjai menyebutkan bahwa calon peserta ujian untuk tingkat SD sebanyak 4.364 siswa, MI 360, dan PKBM 101, sehingga pada tahun ini total jumlah calon peserta ujian itu sebanyak 4.825 siswa.

Marsuki menjelaskan berdasarkan Permendikbud Nomor 43 tahun 2019 sekolah diberikan hak penuh untuk menyelenggerakan ujian

“Jadi sekolah yang menyelenggerakan proses ujian terus kemudian pihak pendidikan sebagai leading sektor utama untuk mengawal jalannya proses ujian tersebut,” ungkapnya.

Terkait dengan konsep yang ditawarkan kata Marsuki, rencana pelaksanaan ujian tersebut akan dilangsungkan pada tanggal 16-18 April 2020 mendatang.

“Itupun akan disepakati di forum ini kaitannya dengan pelaksanaan bulan suci ramadhan sehingga kemudian kita pikirkan semua penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Sinjai tuntas sebelum masuk bulan suci ramadhan,” ketusnya.

(Jum / Icha Kominfo Sinjai)