Mahasiswa Pertanian Ajak Warga Lestarikan Hutan Mangrove Tongke-tongke

0
97

SINJAI – Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMA SDAP) Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muhammadiyah Sinjai, melaksanakan penyuluhan perikanan di kawasan wisata hutan mangrove Tongke-tongke, Kabupaten Sinjai, Sabtu (14/03/2020) pagi.

Kegiatan yang melibatkan penyuluh dari Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai (Disparbud), ini menyasar masyarakat nelayan yang ada di sekitar hutan Mangrove Tongke-tongke.

Ketua umum HIMA SDAP STIP Muhammadiyah Sinjai, Ihsan Akbar, mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai potensi-potensi perikanan serta pentingnya melestarikan lingkungan.

Kasi Pelayanan Desa Tongke-tongke, Rosmina Benteng yang membuka kegiatan tersebut, mengatakan pemerintah Desa Tongke-tongke mengapresiasi kegiatan ini karena memberikan pengetahuan serta membantu masyarakat khususnya pengolahan hasil perikanan.

“Alhamdulillah kegiatan ini kami apresiasi karena memang sangat membantu masyarakat utamanya tentang bagaimana mengolah hasil-hasil perikanan dan pelestarian hutan Mangrove,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Sinjai, Dewi Angraeni, memberikan respon positif kepada mahasiswa STIP Muhammadiyah karena hal ini sebagai bentuk perhatian dalam mengembangkan dan melestarikan hutan mangrove Tongke-tongke.

Dirinya berharap kedepan kegiatan ini dapat melibatkan beberapa elemen tidak hanya dari Dinas Perikan dan Disparbud tetapi juga dapat menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sinjai.

“Saya berharap kegiatan ini tidak sampai disini dan bisa lebih luas lagi melibatkan OPD lainnya tidak hanya kami tapi kedepan dapat bekerjasama dengan Disperindag Sinjai,” Harap Dewi.

Adapun tema dalam penyuluhan tersebut yakni “partisipasi masyarakat, dalam pelestarian dan pengelolaan hutan mangrove yang berkelanjutan.” (Anto/Lela Kominfo)