Masyarakat Didorong Manfaatkan Toga Untuk Pengobatan

0
385

SINJAI – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskemas Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara, melakukan kegiatan sosialisasi tentang tanaman obat keluarga (Toga) dan pembentukan Kelompok Asuhan Mandiri di Aula Kantor Kelurahan Lappa, Kamis (12/3/20).

Dalan kegiatan ini puluhan ibu-ibu dari Tim Penggerak PKK Kelurahan Lappa, Kelompok Dasa Wisma, dan para Kepala Lingkungan sangat antusias mendengarkan paparan langsung oleh Penanggung Jawab Kesehatan Tradisional Puskesmas Balangnipa, Irawati AMKG, yang memaparkan tentang pentingnya Tanaman Obat Keluarga.

Menurutnya, toga dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan dirumah untuk membudidayakan tanaman, yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan.

“Toga sangat besar manfaatnya, untuk itu mari kita manfaatkan lahan yang ada untuk menanami sejumlah tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan keluarga kita, jadi mari kita mulai sejak dini,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut agar masyarakat mampu meningkatkan derajat kesehatannya, bisa mengatasi masalah kesehatannya baik secara individu, keluarga, dan masyarakat.

“intinya dengan memiliki tanaman tersebut selain dapat untuk pengobatan keluarga, juga akan dapat memperindah dan meningkatkan penghijauan lingkungan”, tutupnya.

Melalui pembentukan Kelompok Asuhan Mandiri juga diharapkan menjadi wadah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat, tentang pemanfaatan tanaman obat keluarga yang ada disekitar.

Kepala UPTD Puskesmas Balangnipa dr. Alyawati Albek mengatakan bahwa sosialisasi ini akan dilakukan di seluruh kelurahan yang ada di Sinjai Utara.

“Kelurahan Lappa ini merupakan lokasi yang kedua dalam sosialisasi toga, dimana sebelumnya kita sudah lakukan di Kelurahan Balangnipa,” tambahnya.

Sementara itu, Lurah Lappa Andi Rifai Asiz mengharapkan, dengan adanya sosialisasi ini Kepala Lingkungan dapat membentuk satu kelompok percontohan tanaman toga dilingkungannya masing-masing. (AaN/Fatmawati Kominfo Sinjai)