Peringati HPSN, Area Benteng Balangnipa Dibersihkan dari Sampah

0
231

SINJAI – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kabupaten Sinjai melaksanakan Apel Peduli Sampah dan Clean Destinasi Wisata yang dipusatkan di Halaman Benteng Balangnipa, Jalan Sungai Tangka, Jumat pagi (6/3/20).

Kegiatan yang bertema “Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera” ini dipimpin oleh Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong, dan dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Sinjai Mappahakkang, para Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Kepala Perangkat Daerah, Kabag dan para Kepala Sekolah.

Wakil Bupati Sinjai dalam sambutannya menyampaikan, Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tahun adalah untuk mengingatkan bangsa Indonesia, bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama yang melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam mengatasi persoalan sampah.

“Pemerintah Daerah tidak bisa bekerja sendiri, olehnya itu seluruh komponen masyarakat dalam pengelolaannya sangatlah dibutuhkan mengingat persoalan ini sangat serius dan multidimensi, sehingga diperlukan resonansi kepedulian persoalan sampah secara terus-menerus,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, sampah destinasi wisata juga menjadi perhatian Pemerintah dalam pengelolaan kawasan di destinasi wisata, sebab hal ini menjadi faktor untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dengan menawarkan fasilitas yang bersih dan memberi nilai tambah bagi daya tarik wisata Indonesia.

“Pengelolaan sampah di destinasi wisata penting dilakukan sebagai upaya penyadaran semua pihak tentang pentingnya pengelolaan wisata yang berkelanjutan,” tambahnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sinjai Arifuddin mengatakan, bahwa aksi bersih-bersih sampah ini selain dipusatkan disekitar kawasan Benteng Balangnipa, juga dilaksanakan di Lapangan Gelora Massa, Jalan-jalan umum dan Pasar Sentral Sinjai.

“Hari ini kita libatkan semua pihak mulai dari seluruh Forkopimda, Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, Kecamatan, Kelurahan, Organisasi Pemuda hingga para Pelajar,” katanya.

Arifuddin berharap, melalui kegiatan seperti ini, kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan memanfaatkan sampah yang masih punya nilai dapat semakin ditingkatkan. (AaN/Fatmawati Kominfo Sinjai)