Bersih-Bersih Telinga di Hari Kesehatan Pendengaran Se-dunia

0
167

SINJAI – Memperingati Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran se-dunia, Dinas Kesehatan Sinjai melalui Puskesmas yang ada melakukan kegiatan bersih-bersih telinga (BBT).

Seperti yang dilaksanakan Puskesmas Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara, yang melakukan aksi ini di SDN 125 Karampue, Jalan KH. Agus Salim, Selasa (3/3/20).

Penanggung jawab Pengelola Indera Puskesmas Balangnipa, Sulaeha mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai upaya promotif untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang kesehatan telinga dan pendengaran.

“Dihari Kesehatan Sedunia ini kita lakukan pemeriksaan telinga para siswa dan kita pusatkan di SDN 125 ini. Tujuannya agar anak-anak dapat menerima pelajaran dengan bagus tanpa adanya gangguan pendengaran,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya melakukan pemeriksaan telinga dan pembersihan serumen atau kotoran telinga setiap siswa.

“Alhamdulillah serumen telinga siswa bisa kita bersihkan, dan adapun yang tidak bisa kita tangani disini kita berikan rujukan ke Puskesmas,” tandasnya.

Sulaeha menambahkan, masalah gangguan pendengaran diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya paparan bising, infeksi, dan sumbatan kotoran telinga. Masalah ini bisa terjadi pada semua umur. Dengan demikian, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk lebih peduli dengan kesehatan telinga dan pendengaran.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan pemeriksaan berkala yang rutin dilaksanakan oleh Puskesmas Balangnipa seperti penyuluhan kesehatan, pemeriksaan berat badan, tinggi badan, pemeriksaan gigi dan mata.

Kepala SDN 25 Karampue, Tassakka menyambut baik pemeriksaan kesehatan ini dan berharap pemeriksaan ini terus dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Salah seorang siswa SDN 31 Panaikang menjalani pemeriksaan telinga yang diadakan Puskesmas Panaikang

“Kegiatan ini sangat baik bagi siswa karena begitu ada masalah, atau gangguan bisa langsung terdeteksi dan ditangani oleh dokter sebab bisa jadi orang tuanya di rumah tidak mengetahui gangguan yang dialami anaknya,” imbuhnya.

Sementara itu, Puskesmas Panaikang melakukan bersih-bersih telinga dalam Peringatan Hari Kesehatan Telinga dengan tema “Tetap Berprestasi Walau Tanpa Pendengaran” yang dipusatkan di SDN 31 Panaikang yang terletak di Dusun Baringeng, Desa Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur. (Aan Kominfo Sinjai)