Begini Pengakuan Warga Soal Gerai Perizinan di PPI Lappa

0
81

SINJAI – Kebijakan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) bersama wakilnya Hj. Andi Kartini Ottong untuk menghadirkan gerai perizinan sektor kelautan dan perikanan di Kompleks Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Lappa semakin terasa manfaatnya khususnya bagi pengusaha sektor perikanan yang ada di Kabupaten Sinjai.

Betapa tidak, terobosan Bupati ASA dalam mendukung kemudahan serta percepatan dalam pelayanan perizinan berusaha membuat masyarakat sangat terbantu.

Salah seorang pengusaha jual beli ikan, Muh. Nur yang tengah mendapat pelayanan saat kunjungan kerja Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara membeberkan perasaannya mendapatkan kemudahan pelayanan perizinan.

“Kita senang sekali dan bersyukur di Sinjai telah hadir gerai perizinan yang memudahkan para pelaku usaha perikanan dalam mengurus Surat Izin Usaha Perikanan (SIUPI), Surat Izin Kapal Pengankut Ikan (SIKPI) dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI),” kata warga Kecamatan Sinjai Utara itu saat ditemui, Jumat (28/2/2020).

Tak hanya itu, Nur juga membeberkan perbandingannya saat masih melakukan pengurusan di Provinsi yang memakan waktu terbilang lama. Sebab, sejumlah kelengkapan harus dipenuhi terlebih dahulu, kemudian cek fisik. Ditambah lagi perjalanan ke Makassar.

“Dulu waktu di Provinsi pengurusan SIPI kita memakan waktu yang banyak. Pertama kita mengambil pengantar dari perikanan, cek fisik kemudian foto copy kelengkapan lainnya. Sampai di Makassar kita tidak langsung dilayani, kita mengantri. Sekarang kita sodorkan berkas kalau jaringan bagus tidak cukup 1 jam sudah adami keluar izin,” katanya sumringah.

Sebagaimana diketahui, gerai perizinan terpadu tersebut kini dilirik dari berbagai pihak luar seperti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkajene dan Kepulauan dan Kabupaten Bombana.

(Jum/Ning Kominfo Sinjai)