Smart Kampung, Pemkab Sinjai Siap Wujudkan Sistem Satu Data Semua OPD

0
76

SINJAI – Sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Sinjai menerapkan program smart kampung pada 2020, yang merupakan salah satu program unggulan yang tertuang dalam visi dan misi Pemkab Sinjai.

Program Smart Kampung yang merupakan salah satu inovasi dari Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai ini, bakal mensinkronisasikan data administrasi desa, kecamatan hingga ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Sinjai, Irwan Suaib mengatakan inovasi ini bukan hanya menyediakan jaringan internet di seluruh desa, akan tetapi ada jaringan intranet yang terkoneksi ke sistem lintas sektoral.

“Nantinya Ada jaringan internet dan intranet di Sinjai yang menghubungkan desa/kelurahan, kecamatan, dan dinas/badan sehingga terjadi sinkronisasi data yang pada akhirnya muncul satu data,” ujarnya, Rabu (26/2/2020)

Selain itu penyediaan akses Internet gratis di ruang Publik yang saat ini telah terpasang dibeberapa titik, seperti Obyek Wisata Batu Pake Gojeng, Taman Karampuang, Taman Topekkong dan ruang publik lainnya melalui bidang E-Government.

“Saat ini sudah ada 47 Desa yang sudah terpasang jaringan internet dalam rangka mendukung program Smart Kampung, 7 diantaranya tahun ini dan 40 titik atau desa di Kabupaten Sinjai melalui bantuan Bakti Kominfo”, sambungnya.

Mantan Sekretaris Dinkes Sinjai ini, berharap bantuan fasilitas layanan akses internet gratis ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh masyarakat. terutama kalangan pelajar dalam mendapatkan informasi.

Inovasi selanjutnya, kata Irwan dalam mendukung program Smart kampung Sinjai adalah Pelayanan Pengaduan Masyarakat Sinjai berbasis online yang diberi nama ‘Sipakainge’.

Aplikasi tersebut di Launching oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) pada pembukaan Sinjai Fest & Expo 2020, yang diharapkan dapat menjawab dengan cepat aduan masyarakat, dan melakukan tindakan dari laporan dengan cepat dan tuntas.

Hal ini juga sebagai wujud komitmen kepedulian dan kepekaan Pemerintah dalam merespon keluhan masyarakat terhadap pelayanan publik.

“Aplikasi ini tujuannya untuk layanan pengaduan masyarakat yang menangani masalah sampah dan lampu jalan. Aplikasi dengan platform Android ini, membantu OPD terkait dalam menangani sejumlah permasalahan di wilayah kerjanya”, ujarnya.

Program lainnya, di Diskominfo dan Persandian Sinjai di bidang Informasi Komunikasi Publik diantaranya, pengelolaan Website Pemerintah Kabupaten Sinjai, peliputan dan pers realese kegiatan Pemerintah Kabupaten Sinjai serta Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

“Jadi ada juga media yang kami maksimalkan dalam menyampaikan informasi pembangunan Kabupaten Sinjai, seperti media Elektronik LPPL Suara Bersatu FM, Sinjai Tv dan melalui Website Sinjaikab.go.id”, tandas Irwan.

Selain itu, pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa. Pembentukan PPID sebagai upaya keterbukaan informasi publik.

Tak hanya itu, Diskominfo Sinjai fokus melakukan penyebarluasan Informasi Pembangunan Daerah dan penyebarluasan Informasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

“Sehubungan fungsi kehumasan beralih, maka tahun ini penyebarluasan Informasi bermuara di Diskominfo dan Persandian Sinjai”, jelasnya.

Sedangkan, program promosi Pembangunan Daerah Sinjai, antara lain melalui pameran pembangunan Pemerintah Kabupaten Sinjai yang setiap tahun dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Sinjai (HJS).

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Supardi menambahkan, saat ini pihaknya juga fokus dalam pelayanan satu data. Sehingga dia berharap semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan hingga Desa wajib menyampaikan data.

“Jadi setiap saat kita melakukan verifikasi data, sehingga data yang keluar seusai dengan roh undang-undang 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, dan roh undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik,” ungkapnya.

Selain pelayanan satu data, program lainnya yakni pembangunan infrastruktur menara telekomunikasi atau tower yang melibatkan provider jaringan telekomunikasi di delapan lokasi yang masih terbilang blank spot.

” Kita juga sudah melakukan usulan kepada provider. Alhamdulillah satu persatu sudah merespon dan siap membangun di Kecamatan Bulupoddo, salah satu daerah yang banyak blank spotnya”, jelasnya.

Berikut Program yang ada di Diskominfo dan Persandian Sinjai.

Program Unggulan di Bidang Informasi Komunikasi PubliK diantaranya :

  1. Pengelolaan Website Pemerintah Kabupaten Sinjai
  2. Peliputan dan Pers Realese kegiatan Pemerintah Kabupaten Sinjai
  3. Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).
  4. Terbentuknya  PPID Desa, Keterbukaan Informasi Publik
  5. Pembinaan dan Pengembangan Sanggar Seni /Teater sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam penyebarluasan informasi di Kabuptean Sinjai
  6. Pengelolaan Media Center.
  7. Pelayanan Informasi Publik.
  8. Penyebarluasan Informasi Pembangunan Daerah.
  9. Penyebarluasan Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.
  10. Kemitraan dengan media cetak dan elektronik.
  11. Pameran  Pembangunan Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Program unggulan di bidang E-Government 2020 :

  1. Pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur e-government hingga semua opd bisa berada dalam satu jaringan dan selalu online
  2. Mengintegrasikan semua aplikasi/ perangkat lunak yg ada baik di lingkup Pemkab Sinjai hingga pusat untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas serta mendukung pelayanan publik.
  3. Pelaksanaan/ pendampingan SmartKampung di tiap desa dengan tahap awal penyediaan aplikasi persuratan yg memudahkan pelayanan publik pada masyarakat di desa, melakukan bimbingan pengelolaan TIK di desa dan pemanfaatan internet untuk perekonomian desa dan pengelolaan website desa.
  4. Menyediakan Wi-Fi di lokasi publik.

Program unggulan Bidang Statistik dan Persandian

  1. Penyediaan Satu Data
  2. Pengawasan dan pembangunan menara telekomunikasi
  3. Penyediaan Aplikasi Sim Data Info Sinjai

Program Unggulan LPPL Suara Bersatu FM dan Sinjai TV

  1. Penyebarluasan Informasi Pembangunan Daerah melalui media elektronik diberbagai program acara
  2. Program News yang dikemas dalam acara Kareba Sinjai (Radio) dan Kareba Tujuh (TV).
  3. Program Acara Masyarakat Bertanya Penyuluhan Menjawab (Live Radio TV)
  4. Program Acara OPD Bicara Mabbicara (Live Radio TV)
  5. Apdesi (Ada Pak Desa Siaran) Live Radio dan TV
  6. Program Acara Obrolan Santai Radio (Menampung Aspirasi masyarakat)
  7. Mappadendang (Live TV) .

(Irawan Kominfo Sinjai)