Wakapolda Sulsel Tanam Pohon Mangrove di Tongke-tongke

0
65

SINJAI – Jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan melakukan penanaman pohon mangrove di desa Tongke-Tongke kecamatan Sinjai Timur, Jumat 21/2/20).

Gerakan ini adalah gerakan penghijauaan yang terus digalakkan jajaran kepolisian Republik Indonesia.

Sebanyak 2 ribu pohon mangrove ditanam jajaran Polda Sulsel bersama jajaran Pemkab Sinjai dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional (HPSN).

Penanaman tersebut dipimpin langsung Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Halim Pagarra didampingi Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), jajaran Forkopimda dan para Pejabat Lingkup Pemkab Sinjai.

“Ini merupakan salah satu program Polri yang peduli pada penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir,” katanya.

Brigjen Pol Halim Pagarra yang sebelumnya menjabat Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Ditlantas Polri ini mengatakan bahwa fungsi utama hutan mangrove yakni menahan abrasi, mencegah intrusi air laut dan sebagai sumber keanekaragaman hayati.

“Untuk itu mari kita bersama-sama melakukan penanaman pohon mangrove dengan harapan dapat mengembalikan ekosistem yang telah rusak serta meningkatkan kesejahteraan agar dapat kita wariskan pada anak cucu kita, ” jelasnya.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa menyambut baik dengan dipilihnya Sinjai sebagai lokasi penanaman bibit mangrove.

Menurutnya, tanaman mangrove sendiri memiliki banyak manfaat mulai dari penahan abrasi pantai serta tempat berkembang biaknya biota laut.

“Semoga apa yang sudah kita tanam ini bisa dipelihara dengan baik sehungga betul-betul bisa berfungsi dalam menjaga ekositem laut, ” ucapnya.

Selain TNI-Polri, Pemda dan organisasi, dalam penanaman bibit mangrove ini melibatkan ratusan pelajar yang berada di Kecamatan Sinjai Timur. (AaN/Anto Kominfo Sinjai)