Sanggar Seni MAN 1 Sinjai Juarai Festival Tari Kreasi

0
291

SINJAI – Malam ketiga pelaksanaan pameran Sinjai Fest dan Expo dalam rangka HJS Sinjai ke 456 tahun, pengunjung dihibur dengan pelaksanaan festival tari kreasi tradisional yang berlangsung di Panggung hiburan, Kamis malam (20/2/20).

Kegiatan ini sedikitnya diikuti oleh tujuh perwakilan SMA/SMP sederajat dan sanggar seni yang ada di Kabupaten Sinjai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Haerani Dahlan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan lokal daerah melalui seni tari.Festival ini sebagai salah satu media bagi para seniman untuk menampilkan karya seninya.

“Alhamdulillah berjalan sukses dan sangat meriah apalagi penonton yang hadir sangat antusias menyaksikan lomba ini, ” katanya.

Adapun peserta dari lomba ini memiliki kriteria penilaian adalah iringan menggunakan musik, durasi karya maksimal 15 menit, jumlah personil maksimal 12 orang (penari + pemusik) dan kostum busana daerah Sulawesi Selatan.

Peserta juga menggunakan instrumen musik, namun dimungkinkan menggunakan alat lain untuk kebutuhan suasana yang sulit dicapai oleh alat musik Sulawesi Selatan.

Seluruh peserta yang ikut dinilai oleh tim penilai yang bergelut di dunia seni tari masing-masing Drs. Muhannis, Drs. Yusuf Ahmad dan Faridah Latief.

Dari penampilan seluruh peserta pada malam tersebut, berdasarkan penilaian dari tim juri, juara pertama diraih oleh Sanggar Seni MAN 1 Sinjai, juara kedua diraih SMAN Tondong Sipakaraja dan juara ketiga diraih oleh sanggar seni jenderal S.

Rencananya Jumat malam (21/2/20) panggung hiburan di Arena Sinjai Fest dan Expo akan dilaksanakan lomba pementasan media tradisional atau Pertunjukan Rakyat (pertunra).

(Aan Kominfo Sinjai)