spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaAda Festival Pertunra Malam Ini Di Panggung Utama Sinjai Fest & Expo...

    Ada Festival Pertunra Malam Ini Di Panggung Utama Sinjai Fest & Expo 2020

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Festival pertunjukan rakyat (Pertunra) media tradisional kembali digelar Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) dan Persandian Kabupaten Sinjai, tahun ini.

    Kegiatan tahunan tersebut akan dilaksanakan malam ini, Jumat (21/2/2020) di panggung utama Arena Sinjai Fest & Expo 2020.

    Kepala Seksi Pengelolaan dan Integrasi, Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo dan Persandian Sinjai, Fatmawati, S.S.T, M.Si mengatakan, salah satu tujuan pelaksanaan Festival Pertunra tidak lain melestarikan budaya, adat istiadat, kesenian tradisional, menanamkan nilai-nilai dan menyampaikan pesan moral serta inspirasi kepada masyarakat di Kabupaten Sinjai.

    “Inshaa Allah malam ini kita sudah gelar di panggung utama area Sinjai Fest & Expo 2020”, kata Fatmawati.

    Untuk tahun ini, sebanyak 8 sanggar seni yang mengikuti festival tersebut, diantaranya Sanggar Seni MAN 1 Sinjai, Bola Loppoe Rutan Sinjai, Phinisi Sinjai, 277 Sinjai, Forum Seni Sinjai Barat, Pasija Sinjai Selatan, Panrita SMAN 5 Sinjai dan sanggar seni Jendral ‘S’ SMKN 1 Sinjai.

    “Jadi ada 8 peserta atau sanggar seni yang siap berkompetisi malam ini mulai pukul 19.30 wita sampai selesai”, sambungnya.

    Sementara untuk indikator penilaian, Fatmawati mengatakan ada beberapa aspek yang harus diperhatikan seperti unsur pesan, keterpaduan, hiburan, musik, tari/gerak, serta unsur penunjang.

    Tahun ini, pelaksanaan Festival Pertunra juga akan menjadi ajang pencarian atau menjaring beberapa aktor untuk mengikuti Festival Pertunra Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020.

    “Yang juara malam ini tidak mutlak mewakili Sinjai di ajang regional karena kita akan seleksi dari beberapa pemain dulu melalui kegiatan sebentar malam untuk digabung, kemudian mewakili Sinjai di Tingkat Provinsi”, jelasnya.

    Dalam pelaksanaan Festival Pertunra, pihak Diskominfo Sinjai juga melibatkan sejumlah tokoh budayawan hingga pelaku seni sebagai tim juri. Mereka diantaranya adalah Drs Muhammad Yusuf Achmad, Drs Muhannis, MM, Rudi Farooc, dan Abidin Wakur. (Irawan Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts