spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaAda Lomba 'Mappape Getta' di Sinjai Fest dan Expo

    Ada Lomba ‘Mappape Getta’ di Sinjai Fest dan Expo

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Memeriahkan hari Jadi Sinjai ke 456 tahun, Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai menggelar lomba permainan tradisional bertempat di depan stand Dinas Pendidikan di lokasi Sinjai Fest dan Expo, Lapangan Sinjai Bersatu, Kamis (20/2/20).

    Panitia pelaksana, Hj. Ernawati Madi mengatakan, bahwa lomba ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menggalakkan kembali permainan tradisional dikalangan anak-anak. Hal tersebut dikarenakan minimnya pengetahuan anak zaman sekarang mengenal permainan lama.

    “Permainan ini sudah jarang ada yang tahu. Kami ingin anak-anak tidak main handphone saja. Mereka diajarkan permainan begini supaya tidak melupakan sejarah,” ujarnya

    Adanya kegiatan ini kata Ernawati, dapat membentuk karakter anak sehingga dirinya ingin menghidupkan kembali agar tak melulu bergantung pada gadget.

    Lomba ini diikuti oleh para siswa sekolah dasar yang meliputi lomba mappappe getta, lomba ma’bendi-bendi dan ma’belle.

    Sedangkan untuk tingkat SMP/sederajat yang akan dilaksanakan Jumat (21/2/20) yakni lomba ma’mini, lomba ma’kaddaro dan lomba terompah. Untuk tingkat pelajar SMA/sederajat berupa lomba ma’ngasing, engrang dan tarik tambang.

    Sementara itu Pelaksana Tugas Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai Hj. Ratnawati Arief, memberi apresiasi dengan adanya kegiatan ini dalam upaya untuk melestarikan budaya permainan rakyat.

    “Permainan ini dapat mengembangkan kreativitas anak dan menambah daya imajinasi anak dalam memainkan olahraga tradisional, ” katanya.

    Dalam kegiatan lomba ini Dinas Pendidikan Sinjai melibatkan PKBM Todilaling, dan Komunitas Pemuda Lappa (KAPAL). (AaN Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts