Titik Kelima Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sinjai, Kadis PMD Harap Desa Berinovasi

0
151

SINJAI – Pelaksanaan penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sinjai memasuki pekan kedua. Tim penilai yang diketuai Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sinjai Drs Yuhadi Samad, Senin (17/2/2020) menyambangi Desa Lamatti Riawang.

Desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Bulupoddo tersebut, merupakan desa kelima yang dikunjungi tim penilai lomba desa.

Camat Bulupoddo, H Sofwan Sabirin, yang ditemui mengapresiasi Pemerintah Desa yang sejauh ini telah menjaga kekompakan dan pertisipasi masyarakat dalam pembangunan desanya.

Meski kali pertama mengikuti lomba desa sejak karir birokrasinya pertama kali menjadi camat, Sofwan berharap tahun ini Desa binaannya dapat menjadi yang terbaik.

Hal itu menurutnya bukanlah tidak mungkin, sebab persiapan yang dilakukan Pemerintah Kecamatan terutama dalam memotivasi dalam melakukan persiapan penialaian lomba desa terbilang maksimal.

“Alhamdulillah partisipasi masyarakat dan aparat desa sudah dilakukan maksimal. Mudah-mudahan bisa jadi yang terbaik. Saya berharap agar kegiatan ini bisa berkesinambungan secara terus menerus dalam artian tetap menjaga dan meningkatkan partisipasi masyarakat di desa yang ada”, jelasnya.

Terpisah, Kadis PMD Sinjai, Drs Yuhadi Samad, berharap Desa yang mengikuti lomba desa tahun ini ada inovasi yang dapat dijual dan menjadi daya tarik Desa tersebut.

“Yang paling utama bagaimana lomba desa ini bisa melahirkan inovasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya”, katanya.

Di katakan penilaian lomba desa tetap mengacu pada Permendagri 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Aspek penilaian itu terdiri dari aspek Pemerintahan, Kemasyarakatan dan Kewilayahan.

Penilaian lomba desa ini juga dilaksanakan, kata dia untuk mengetahui dan menilai keberhasilan pembangunan desa dua tahun berturut-turut secara terarah. (irawan)