Mapala Tomanurung Sinjai Tanam Pohon di Pantai Marannu

0
101

SINJAI – Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Tomanurung Sinjai menggelar aksi penghijaun berupa penanaman pohon dan memungut sampah di Pantai Marannu Dusun Marana, Desa Pasimarannu, Kecamatan Sinjai Timur, Jumat (14/2/20).

Aksi sosial ini difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai, yang menyiapkan 200 bibit pohon ketapang dan pohon pude. Kegiatan dihadiri Camat Sinjai Timur Andi Amir, Kepala Desa Pasimarannu Syamsul Bahri, Kepala Seksi Penataan Lingkungan DLHK Sinjai Zainal, dan puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Mapala Tomanurung Sinjai.

Ketua Umum Mapala Tomanurung Sinjai Ardan Tahir mengatakan, bahwa penanaman pohon di pinggiran pantai Marannu ini sangat perlu dilakukan, selain melestarikan lingkungan juga sebagai alat alami penghambat gelombang air laut pasang.

“Aksi penanaman ini sebagai salah satu upaya mitigasi bencana dan sangat cocok ditanam di kawasan pesisir pantai,” ujarnya.

Dipilihnya Pantai Marannu ini sebagai lokasi penanaman pohon, karena pesisir pantai ini perlu perhatian dari seluruh pihak dalam upaya melestarikan obyek wisata ini agar lebih nyaman dan sejuk.

Sementara itu, Camat Sinjai Timur Andi Amir sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini, karena sejalan dengan program nasional dalam menghadapi pemanasan global (global warming).

“Kami dari Pemerintah Kecamatan sangat mendukung kegiatan seperti ini, dan semoga organisasi atau komunitas lainnya bisa juga melakukan hal serupa dan kegiatan ini wajib didukung oleh semua elemen masyarakat, ” katanya.

Ia berharap kepada Pemerintah Desa dan warga setempat, agar memelihara dan merawat pohon ini agar bisa tumbuh dengan baik, dan berguna bagi kelestarian lingkungan wilayah pesisir pantai.

“Menanam pohon itu mudah, memeliharanya itu sulit sehingga saya harapkan pohon yang sudah ditanam ini bisa dipelihara dengan baik, ” ujarnya. (AaN Kominfo Sinjai)