Mantapkan Persiapan Sensus Penduduk, BPS Sinjai Gelar Rakor

0
154

SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai meminta semua pihak mendukung terlaksananya sensus penduduk tahun 2020 ini, yang akan dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.

“Kami harapkan dukungan dari seluruh pihak termasuk Kepala Perangkat Daerah dan Camat, untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar bisa berpartisipasi dalam Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan bulan ini,” kata Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong saat membuka Rapat Koordinasi Kabupaten Sensus Penduduk 2020, di Aula Wisma Sanjaya Putra Sinjai, Kamis (13/2/20).

Dikatakan, saat ini Indonesia melakukan Sensus Penduduk setiap 10 tahun sekali dan tahun 2020 ini, merupakan kegiatan Sensus yang ke tujuh sejak dimulai tahun 1961 silam.

“Data hasil Sensus Penduduk ini sangatlah penting, karena hasil dari sensus ini nantinya akan dijadikan dasar rumusan Pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat, ” tandasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala BPS Sinjai, Suparno Pani menjelaskan, Sensus Penduduk tahun 2020 ini akan dijadikan sebagai data satu pintu yang berbasis online diseluruh Indonesia.

Program Sensus Penduduk secara online ini, akan dimulai pada tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang. Namun bagi yang belum masuk data, akan dilakukan sensus berbasis wawancara dari pintu ke pintu pada tanggal 1 hingga 31 Juli 2020.

Karena itu, pihaknya meminta dukungan Pemerintah Daerah, OPD untuk turut mensukseskan. Menyebarluaskan informasi mengenai Sensus Penduduk supaya masyarakat paham, terutama berpartisipasi mencatatkan diri dan keluarganya secara mandiri pada Sensus Online.

“Kami harapkan pada masyarakat nantinya, memberikan data yang akurat kepada petugas yang memulai Sensus Penduduk. Kemudian, pada saat sensus bulan juli nanti, sebanyak 400 petugas yang turun ke lapangan untuk mendata,” sebutnya, seraya menambahkan, setelah kegiatan ini selesai, akan ada rapat lanjutan di setiap Kecamatan. (AaN Kominfo Sinjai)