Cara Kodim 1424 Sinjai Siapkan Peserta Seleksi Calon Tamtama PK TNI AD

0
209

SINJAI – Kodim 1424 Sinjai memberikan pengarahan serta pembekalan kepada peserta seleksi Calon Tamtama (Catam) Prajurit Karier (PK) Gelombang I TNI Angkatan Darat (AD) tahun 2020, Rabu (12/2/20).

Pengarahan yang berlangsung di Aula Mabbulo Sipeppa Kodim 1424 Sinjai, ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan secara teknis tentang mekanisme seleksi serta persyaratan yang harus disiapkan oleh peserta seleksi.

Dalam kesempatan itu, puluhan orang peserta seleksi didampingi orang tuanya mengikuti arahan dan bimbingan dari Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Oo Sahrojat, dan mendengarkan testimoni dari Suparman Warium, salah seorang orang tua peserta yang pernah mengikuti seleksi Calon Tamtama beberapa tahun lalu.

Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf Oo Sahrojat menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan tahap awal sosialisasi pendaftaran Calon Tamtama PK di wilayah Sinjai sebelum para calon mengikuti seleksi.

“Kodim Sinjai akan melakukan pembinaan dimulai di kecamatan masing-masing atau Danramil setelah itu dipusatkan di Kodim,” katanya.

Pembinaan ini dititik beratkan pada 3 komponen yang menjadi tahapan seleksi Calon Tamtama yakni pembinaan fisik, kesehatan jasmani dan psikologi dan tidak dipungut biaya apapun atau gratis.

Dandim 1424 Sinjai juga menguturakan, bahwa metode seleksi penerimaan calon tamtama tahun ini berbeda dibanding tahun sebelumnya, dimana tahun ini mulai diberlakukan sistem zonasi.

“Tahun ini perekrutan Calon Tamtama mulai menerapkan sistem zonasi, artinya wilayah Sinjai sudah mendapatkan alokasi dan mereka yang bersaing dengan calon peserta diwilayah yang sama, minimal lima kuota untuk Sinjai, ” jelasnya. (AaN Kominfo Sinjai)