Komitmen Pemerintahan Bupati ASA, 27 Titik Jalan di Sinjai Utara Akan Dikerja

0
187

SINJAI – Tahun ini menjadi fokus peningkatan infrastruktur jalan di Pemerintahan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong. Sepanjang 141,21 Kilometer (Km) bakal dikerja tahun 2020 ini. Tak terkecuali di Kota Sinjai yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sinjai Utara.

Di ibu kota Kabupaten Sinjai itu, Bupati ASA melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sinjai telah memprogramkan peningkatan jalan sepanjang 10,91 Km.

Peningkatan jalan itu tersebar di 27 titik, seperti ruas Bulu Manyurung 0,25 Km, Bulu Patukku 0,18 Km, Jalan Teratai 0,75 Km, Jalan M. H Tamrin 0,23 Km, Jalan Stadion Mini 0,37 Km, Jalan Teuku Umar 0,24 Km, Jalan Tekukur 0,11 Km, Jalan BTN Gojeng 0,5 Km, Jalan Sam Ratulangi 0,86 Km, Jalan Basuki Rahmat 0,26 Km, Jalan Melati 0,15 Km, jalan Beluntas 0,16 Km, jalan Anggrek 0,32 Km.

Ruas jalan lainnya, di Jalan Letjen Sukowati I 0,26 Km, Jalan Bulo-bulo Barat 0,36 Km, Jalan Abu Bakar AT 0,24 Km, Jalan Kepiting 0,38 Km, Jalan Halim Perdana Kusuma 1 Km, Jalan Bulu Tanah 0,42 Km, Jalan Andi Mandasini 0,33 Km, Jalan Mading 0,25 Km, Jalan Ahmad Yani 0,40 Km, Jalan Markisa 0,16 Km, Jalan Andi Akbar 0,23 Km, Jalan Garuda 0,28 Km, ruas Tanassang-Balobboro 0,99 Km, jalan Gojeng 1,23 Km.

Kadis PUPR Sinjai, A. Taufiq Asapa menjelaskan, peningkatan jalan berupa pengaspalan dan rabat beton khusus di Kecamatan Sinjai Utara tersebut, akan menelan anggaran belasan miliar lebih.

“Dari sejumlah usulan pembangunan fisik, ada 11 usulan yang masuk dalam Musrenbang kita kerja tahun ini. Itu terdiri dari pengaspalan dan rabat beton”, pungkasnya pada Musrenbang Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (11/2/2020)

Selain peningkatan jalan, tahun ini Pemkab Sinjai bakal melakukan pengembangan jaringan pipa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota dengan total anggaran Rp 4,6 Miliar lebih.

“Jadi setelah selesai SPAM ini, maka air dari Balantieng nanti akan kita nikmati bersama. Mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat Sinjai”, harapnya.

Terpisah, Bupati ASA mengungkapkan, peningkatan infrastruktur jalan memang merupakan kewajiban Pemkab Sinjai, sehingga pembangunan jalan ini sangat penting dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ini merupakan komitmen saya selaku Pemerintah dalam mewujudkan program maupun janji politik pada masa kampanye lalu. Walaupun rencananya tahun lalu dan baru terealisasi tahun ini”, ucapnya saat ditemui.

Di katakan peningkatan infrastruktur jalan ini, diharapkan mempermudah pendistribusian hasil bumi, baik hasil pertanian dan perkebunan masyarakat ke kota maupun sebaliknya.

“Mudah-mudahan distribusi barang dari daerah terpencil ke kota, maupun sebaliknya semakin mudah dan gampang. Selain itu bisa mengurangi biaya transportasi dan distribusi, karena sebelumnya jalan rusak yang berdampak tingginya biaya distribusi”, jelasnya.

Tahun ini Pemerintahan Bupati ASA, juga bakal membangun 6 buah jembatan dengan pengalokasian anggaran puluhan miliar rupiah baik dari Dana Alokasi Khusus (DAK), maupun dana pinjaman Pemkab Sinjai. (Irawan Kominfo Sinjai)