Lomba Desa Dimulai, Tim Penilai Sambangi Desa Kassibuleng

0
178

SINJAI – Lomba desa tingkat Kabupaten Sinjai di mulai hari ini, Senin (10/2/2020). Untuk hari pertama, tim penilai yang berjumlah 21orang gabungan dari stakeholder menyambangi Desa Kassibuleng, Kecamatan Sinjai Borong.

Rombongan dipimpin Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, Yuhadi Samad, dan diterima Camat Sinjai Borong A. Muliati bersama Kepala Desa Kassibuleng, Bahar.

Yuhadi Samad, saat ditemui mengemukakan penilaian lomba desa yang dilakukan ini bukan hal yang baru, sebab telah berjalan setiap tahunnya di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten Sinjai.

“Penilaian lomba desa tahun ini, Alhamdulillah hari ini kita mulai di Desa Kassibuleng dan akan berlanjut terus sampai 8 Kecamatan lainnya”, katanya.

Dikatakan Yuhadi, dalam penilaian lomba desa tetap mengacu pada Permendagri 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Dimana lomba desa ini, untuk mengevaluasi sekaligus mendorong dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan desa.

“Secara umum aspek penilaian sama yaitu dari aspek Pemerintahan, Kemasyarakatan dan Kewilayahan. Kita berharap bahwa lomba desa ini betul-betul dijadikan sebagai ajang untuk memperlihatkan hasil pembangunan oleh desa selama dua tahun terakhir”, jelasnya.

Di sisi lain, kata Yuhadi Pemerintah Provinsi melalui Gubernur Sulsel sangat mengharapkan ada inovasi yang dimunculkan di desa, sehingga bisa menjadi nilai tawar yang tinggi dalam rangka untuk membantu Pemerintah Desa mempercepat pelaksanaan pembangunan kemasyarakatan dan pemberdayaan di desa yang bersangkutan.

“Lomba ini kan hanya sasaran antara saja tapi yang paling terpenting adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa di prioritaskan sehingga ketika peningkatan kesejahteraan betul terjadi yang diuntungkan juga adalah Pemkab Sinjai”, tandasnya.

Rencananya, hasil dari penilaian lomba desa ini akan diumumkan pada 27 Februari 2020, atau bertepatan dengan puncak peringatan hari jadi Sinjai Ke-456.

Sedangkan desa terbaik, akan mewakili Kabupaten Sinjai pada lomba desa tingkat regional atau tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

“Desa yang terpilih nanti berarti adalah desa yang lebih siap untuk diikutkan pada lomba Desa Tingkat Provinsi nanti”, ungkapnya.

Tim Penilai lomba desa tingkat Kabupaten Sinjai, sesuai jadwal juga akan menyambangi Desa Bulukamase wakil dari Kecamatan Sinjai Selatan, pada Selasa besok (11/2/2020).

(Irawan/Jum Kominfo Sinjai)