Selain Bangun Jembatan, Tahun Ini Pemkab Kerjakan 22,15 Km di Sinjai Selatan-Timur

0
204

SINJAI – Kabar gembira menghampiri warga di dua Kecamatan di Kabupaten Sinjai. Pasalnya, tahun ini Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dan wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong, telah menganggarkan pembangunan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Sinjai Selatan dan Sinjai Timur (Pakitta-Kalamisu).

Jembatan yang akan dibangun ini adalah jembatan pertama di dua kampung hanya di batasi sungai antara Dusun Bua-bua, Desa Salohe Kecamatan Sinjai Timur dengan Dusun Jennae, Desa Aska, Kecamatan Sinjai Selatan, setelah puluhan tahun terisolir.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sinjai, Nazaruddin Taha, menjelaskan pembangunan jembatan Pakitta-Kalamisu ini menelan anggaran hingga Rp10 miliar lebih.

Jembatan itu memiliki spesifikasi rangka baja itu memiliki panjang 40 meter dan lebar 7 meter.

“Dari 6 jembatan yang akan dibangun tahun ini, salah satunya di Kecamatan Sinjai Selatan yang menghubungkan Kecamatan Sinjai Timur, yakni jembatan Pakita-Kalamisu dengan panjang 40 meter”, pungkas Nazaruddin di Aula Kantor Camat Sinjai Selatan pada Musrenbang Kecamatan Sinjai Selatan, Selasa (4/2/2020)

Dengan dibangunnya jembatan ini, diharapkan perekonomian masyarakat bisa lebih meningkat dan akses warga lebih mudah, sebab setiap harinya warga kedua kampung tersebut menjadikan ruas ini sebagai alternatif perlintasan.

Selain jembatan, tahun ini kata Nazaruddin juga akan dilakukan peningkatan jalan di Kecamatan Sinjai Selatan dengan panjang 11,75 Kilometer (Km).

Panjang jalan itu, diantaranya ruas Samaenre-Tanrucue (lanjutan) 2,2 Km, ruas Bola-Jennae 0,55, ruas Pude-Kalamisu 4,7 Km, ruas Bikeru 1-Mata-matae 4,3 Km

Sedangkan khusus di Kecamatan Sinjai Timur kebagian 10,4 Km, dengan ruas Dompili-Batu Lappa 1,6 Km, ruas Bisokeng-Lasiai 2,4 Km, ruas Lagori-Batu Lappa 6,4 Km.

Seperti diketahui, di tahun kedua pemerintahannya, Bupati ASA dan wakilnya Andi Kartini fokus pada peningkatan infrastruktur jalan sepanjang 141,21 Km dan pembangunan 6 jembatan.

5 diantaranya jembatan Sungai Laboro di Manimpahoi, Sinjai tengah, jembatan ruas Batu Leppa, ruas Barukang III dan Barukang V yang lokasinya berada di kota Sinjai. (Irawan Kominfo Sinjai)