Melalui Dana Desa, Desa Lappacinrana Fokus Bangun Infrastruktur

0
145

SINJAI – Pemerintahan Desa (Pemdes) Lappacinrana Kecamatan Bulupoddo di tahun 2020 terus fokus membangun sarana prasarana  infrastruktur jalan, baik jalan tani maupun jalan lingkungan yang ada dilingkungan wilayah desa setempat.

Hal ini mengingat masih banyaknya sarana infrastuktur jalan yang saat ini kondisinya masih banyak yang rusak dan harus diperbaiki.

Kepala Desa (Kades) Lappacinrana Mulyanto mengatakan, bahwa selama tiga tahun terakhir ini Pemerintah Desa masih fokus dalam pembangunan infrastruktur, dengan menggunakan anggaran dana desa yang telah digelontorkan oleh Pemerintah Pusat.

“Kami akui desa kami masih tertinggal dari desa lain, sehingga selama beberapa tahun terakhir ini anggaran desa diprioritaskan untuk infrastruktur jalan khususnya pelebaran jalan yang sebelumnya memiliki lebar 3 meter, sekarang sudah sampai 7 meter dengan pembuatan talud, ” ungkapnya saat menjadi narasumber dalam dialog di Studio Sinjai TV, beberapa hari yang lalu.
Menurut Mulyanto dengan telah dibangunnya sarana infrastuktur masyarakat yang memadai, masyarakat akan lebih nyaman dan sejahtera.

“Karena jika sarana infrastruktur bagus, itu sangat perlu untuk kemajuan masyarakat, dan ada perputaran dibidang ekonomi maupun dibidang lainnya serta masyarakat tersejahterakan,” katanya.

Meski demikian Pementah Desa juga tetap memperhatikan sumber daya manusia yang dimiliki oleh warga. Buktinya tahun lalu Pemerintah Desa telah melaksanakan berbagai pelatihan untuk warganya seperti pelatihan pelaku home industri gula merah, pelatihan kepada petani, pelatihan pembuatan makanan tambahan bagi ibu hamil, dan balita untuk penanganan stunting serta pelatihan lainnya.

Kepala Desa yang telah menjabat sejak tahun 2006 lalu ini, bersyukur dengan adanya dana desa, sebab manfaat dari dana desa cukup membantu desanya dari ketertinggalan.

Namun, desa yang memiliki luas wilayah sekitar 853 hektar dan terdiri dari dua dusun didalamnya ini masih banyak kendala, salah satunya adalah lampu penerangan jalan dan keterbatasn SDM aparat desa.

“Kami mengakui masih banyak hal yang perlu dibenahi di desa kami agar kehidupan masyarakat semakin sejahtera, sehingga kami sangat berharap bantuan dan dukungan Pemerintah Daerah dalam bentuk bantuan baik di bidang peternakan, pertanian, lampu jalan maupun sektor lainnya, ” harapnya. (AaN Kominfo Sinjai)