Tersertifikasi, Produk Abon dan Bakso Ikan Ceria Sudah Bisa Dipasarkan di Luar Sinjai

0
157

SINJAI – Dua produk olahan ikan Sinjai yang diproduksi di Sentra Industri Kecil Menengah (IKM), kini sudah bisa dipasarkan di luar Kabupaten Sinjai.

Keduanya adalah ‘bakso ikan ceria’ yang terbuat dari jenis ikan Tenggiri dan Abon Ikan (Rubbons) yang berbahan ikan cakalang salah satu jenis ikan yang melimpah di Bumi Panrita Kitta.

Kabar gembira ini datang dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, yang telah menyerahkan langsung Sertifikat Standardisasi Produk kepada pelaku UKM pada Rapat Sinergi Standarisasi UMKM di Aula Hotel Grand Rofina, Kamis (6/2/2020)

Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong, yang ditemui mengaku sangat bangga dengan produk olahan ikan yang telah terstandarisasi.

Menurutnya ini peluang besar, sebab bahan baku dalam pembuatan bakso ikan ceria dan abon ikan terbilang cukup melimpah di Kabupaten Sinjai.

“Dengan adanya hal tersebut maka produk ini sudah bisa dipasarkan di luar Kabupaten Sinjai”, pungkasnya.

Ke depan langkah yang akan diambil Pemkab, kata Andi Kartini yaitu akan membahas dengan OPD terkait untuk mempromosikan produk ini keluar dan meningkatkan produksi dan kualitas produk.

“Ini penting agar supaya para pelaku UKM kita bisa berdaya saing dengan produk dari daerah lain”, jelasnya.

Terpisah, Asisten Deputi Standardisasi dan Sertifikasi Kementerian Koperasi dan UKM, Siti Darmawasita yang juga ditemui di Sentra IKM Larea-rea, berjanji akan membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai dalam hal pemenuhan legalitas produk.

Alasannya simpel, karena Siti Darmawasita melihat potensi ikan di Kabupaten Sinjai bisa dikembangkan, yang merupakan bahan baku kedua produk tersebut.

“Kami akan menfasilitasi Sertifikasi Produk agar produk-produk Sinjai bisa dijual secara luas”, ketusnya.

Penyerahan Sertifikat Standardisasi Produk Bakso Ikan Ceria dan Abon Ikan dari Kemenkop ke Pemkab, turut disaksikan Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setdakab Sinjai dr Hj Nikmat B Situru, Kepala Diskopnaker Sinjai, H Firdaus, Kadis DPMPTSP Lukman Dahlan, Plt Kadis Perikanan, serta Kepala UPTD Sentra IKM Larea-rea. (Irawan/Jum)