Festival Tari Kreasi Tradisional Akan Meriahkan Peringatan HJS ke 456 Tahun

0
162

SINJAI – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai menggelar technical meeting persiapan pelaksanaan festival tari kreasi tradisional tahun 2020 di Aula Disparbud Sinjai, Selasa (4/2/20).

Kepala Disparbud Sinjai Haerani Dahlan yang memimpin rapat ini mengungkapkan bahwa tujuan dari festival tari kreasi tradisional ini adalah memfasilitasi para seniman untuk menampilkan karya seninya dan meningkatkan kuantitas dan kualitas gelar seni di Sinjai.

“Kegiatan ini dilaksanakan juga dalam rangka pelaksanaan Hari Jadi Sinjai (HJS) ke 456, dengan bentuk kegiatan lomba tari kreasi tradisional. Pelaksanaan lomba ini akan dilaksanakan di lokasi Pameran pembangunan dan waktu pelaksanaan disesuaikan dengan tanggal yang di sepakati panitia hari jadi,” ucapnya.

Adapun peserta dari lomba ini memiliki kriteria penilaian adalah iringan menggunakan musik, durasi karya maksimal 15 menit, jumlah personil maksimal 12 orang (penari + pemusik) dan kostum busana daerah Sulawesi Selatan.

Peserta juga menggunakan instrumen musik, namun dimungkinkan menggunakan alat lain untuk kebutuhan suasana yang sulit dicapai oleh alat musik Sulawesi Selatan.

Kabid Pengembangan dan pemasaran pariwisata A. Dewi Angriani menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi para seniman di Sinjai untuk menampilkan terasinya, serta melestarikan seni tradisional yang hampir punah.

Kegiatan ini dhadiri oleh Tim Juri Drs. Muhannis, Yusuf Ahmad, dan seluruh perwakilan/utusan tingkat SMA/sederajat, SMP/sederajat dan sanggar umum. (AaN/Acca Kominfo Sinjai)