Desa Saotanre Bentuk TBM Sikola Mappideceng

0
46

SINJAI – Pemerintah Desa Saotanre Kecamatan Sinjai Tengah, bersama Pemuda Desa mengadakan Tudang Sipulung (duduk bersama) yang dirangkaikan dengan Musyawarah dan Pemilihan Pengurus TBM (Taman Baca Masyarakat) di Aula Kantor Desa Saotanre, Ahad, (02/02/2020).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Saotanre Andi Sulaeman, dengan harapan Taman Baca Masyarakat dapat menjadi pemersatu bagi pemuda desa.

“TBM sebagai wadah untuk saling merangkul, agar tidak tercipta kelompok tertentu di desa.” Ungkapnya.

Andi Sulaeman mengatakan, dengan adanya TBM di desa merupakan salah satu jawaban untuk menciptakan generasi ke depannya.

“TBM bukan hanya untuk yang berpendidikan tapi untuk semua pemuda dan masyarakat yang ingin belajar, bukan hanya untuk segelintir saja tapi untuk khalayak, karena TBM tempat menciptakan pemuda milineal untuk generasi kedepan.“ katanya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Panitia Tudang Sipulung, Syahrul Gunawan, mengungkapkan tujuan dibentuknya organisasi ini, adalah untuk memberikan wadah belajar non formal untuk seluruh masyarakat Desa Saotanre, agar mereka mampu merasakan nikmatnya pendidikan walaupun diluar ruang kelas .

Sama halnya yang di sampaikan oleh Andi Fujianto, salah satu pemuda pendiri TBM tersebut.

“TBM salah satu wadah bagi pemuda sebagai tempat belajar berekspresi, berinovasi dan berkreasi di desa sehingga tercipta pemuda team work yang handal demi kemajuan desa, bangsa dan negara” ungkapnya.

Kegiatan Tudang Sipulung tersebut, menyepakati nama Taman Baca Masyarakat yaitu ‘TBM Sikola Mappideceng’. Hasil dari pemilihan pengurus mengantongi nama Ketua Umum di nakhodai oleh Hatamin, Wakil Ketua Yari Faisal, Andi Magfirah Wahyu selaku sekertaris, dan Anisa Esti sebagai bendahara, sementara sebagai wakil bendahara yaitu Sulaeman.

Ketua terpilih Hatamin mengatakan, bahwa ini baru awal dari perjuangan kita bersama untuk membangun, merangkul pemuda sehingga dapat tercipta pemuda yang sadar tentang persatuan.

“Selaku Ketua terpilih, Saya mengharapkan kejasama seluruh teman-teman pemuda karena tanpa kerjasama, organisasi tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan.” tegasnya. (KIM Desa Saotanre/Syukri)