Gerak Cepat PSC 119 Puskesmas Biji Nangka Jemput Pasien Inpartu

0
99

SINJAI – Layanan Program Siaga 24 jam menjemput pasien yang gawat darurat yaitu Public Safety Center (PSC) 119 Pemkab Sinjai melalui Dinas Kesehatan, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Bumi Panrita Kitta, julukan daerah tersebut.

Pasalnya, layanan berupa transportasi, mengantar maupun menjemput pasien ke sarana kesehatan terdekat baik itu puskesmas maupun rumah sakit benar-benar nyata.

Sebab, Tim Public Safety Center (PSC) 119 yang tersebar di Sembilan Kecamatan di Sinjai, bergerak cepat dalam memberikan pelayanan prima pada masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.

Teranyar, dedikasi dan loyalitas mereka tak mengenal waktu. Begitu dibutuhkan saat itupulah mereka bergerak. Tak salah jika mereka dijuluki ‘pejuang kemanusiaan’ di bidang kesehatan.

Hal ini kembali ditunjukkan, PSC 119 Puskesmas Biji Nangka, Kecamatan Sinjai Borong, Sabtu, dini hari (1/2/2020). Bersama bidan desa mereka menjemput pasien Inpartu Nurlinda (20) di Dusun Bolalangiri, Desa Bonto Katute.

Lantaran, akses menuju kediaman pasien tersebut sulit dijangkau dengan mobil ambulance, sehingga bersama warga setempat pasien ibu hamil itu digotong.

Kepala Puskesmas Biji Nangka, Andi Syamsinar menuturkan, pihaknya begitu mendapat telepon dari keluarga pasien yang hendak melahirkan tepat pada pukul 01.20 Wita, saat itupulah bidan desa langsung berkoordinasi dengan PSC 119 untuk melakukan penjemputan.

“Jadi begitu kita mendapat informasi (telepon), langsung kita tindaklanjuti dan menjemputnya ke sarana kesehatan. Ini dilakukan demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” ujarnya.

Penjemputan pasien inpartu yang intens dilakukan, kata Syamsinar merupakan upaya Puskesmas Biji Nangka menekan angka kematian ibu dan anak.

Sementara itu, keluarga pasien Anita, mengaku kagum atas respon cepat petugas kesehatan Puskesmas Biji Nangka.

“Syukur Alhamdulillah sudah dijemput sama petugas kesehatan karena kita jauh dari puskesmas. Saya salut karena mereka ini ikhlas,” ujarnya.

Sekedar diketahui, Layanan Program Siaga 24 jam merupakan salah satu inovasi Pemkab Sinjai dibawah kepemimpinan Bupati Andi Seto Asapa (ASA), untuk mempermudah dan melayani masyarakat secara langsung dan cepat. (Jum Kominfo Sinjai)