Wisata Hutan Mangrove Tongke-Tongke Dongkrak PAD, Capai Ratusan Juta Dalam Sebulan

0
414

SINJAI – Pendapatan Asli Daerah (PAD) disektor obyek wisata di Kabupaten Sinjai cukup menjanjikan. Untuk bulan Januari 2020 saja, PAD di sektor ini menyumbang Rp 121 juta lebih.

Pemasukan PAD itu dihasilkan dari 4 obyek wisata di empat Kecamatan yang dikelola Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai.

Obyek wisata tersebut, diantaranya Batu Pake Gojeng di Kecamatan Sinjai Utara, Hutan Mangrove Tongke-Tongke di Kecamatan Sinjai Timur, Air Terjun Batu Barae dan Taman Hutan Raya Abd Latif di Kecamatan Sinjai Borong.

“Alhamdulillah total pemasukan PAD sampai 30 Januari sekitar Rp 121.650.000”, pungkas Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Disparbud Sinjai, A. Dewi Angriani, Jumat (31/1/2020)

Di katakan dari keempat obyek wisata yang paling banyak menyumbang PAD bulan ini adalah Mangrove Tongke-Tongke dengan total Rp 108,5 Juta, disusul Batu Pake Gojeng Rp 7,1 Juta, Tahura Abd Latief Rp 5 Juta dan Air Terjun Batu Barae Rp 1 juta.

Pihaknya pun optimis target penerimaan PAD sebesar Rp 520 juta lebih di sektor tersebut bisa tercapai tahun ini bahkan melebihi target.

“Ini juga berkat dukungan dan dorongan dari Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dalam upaya mempromosikan obyek wisata di Kabupaten Sinjai”, tambahnya.

Dalam setahun terakhir ini, Disparbud Sinjai gencar melakukan promosi dan pengembangan obyek wisata di Kabupaten Sinjai. Hal itu dilakukan untuk menarik daya tarik wistawan.

“Kami memang rutin melakukan monitoring dan evaluasi dan gencar melakukan sosialisasi baik melalui media sosial, media massa hingga media milik Pemkab Sinjai Radio Suara Bersatu FM dan Sinjai TV untuk menarik wisatawan ke Sinjai”, jelasnya. (Irawan/Jum)