spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTahun 2019, Gerai Perizinan di Lappa Keluarkan 1.064 Izin, Sumbang PAD Rp...

    Tahun 2019, Gerai Perizinan di Lappa Keluarkan 1.064 Izin, Sumbang PAD Rp 401 Juta

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Sinjaikab.go.id – Gerai perizinan administrasi perizinan sektor kelautan dan perikanan di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai tak hanya memberikan angin segar bagi para pengusaha perikanan dan nelayan di Bumi Panrita Kitta.

    Namun, terobosan yang diterapkan oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa bekerjasama dengan Pemprov Sulsel diawal kepemimpinannya di tahun 2018 lalu, juga berdampak pada sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD).

    Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sinjai, Lukman Dahlan membeberkan, sepanjang tahun 2019 lalu gerai perizinan tersebut menghasilkan PAD untuk Pemprov Sulsel sebanyak Rp.401.940.000 juta.

    Dari Rp.401 juta lebih PAD yang dihasilkan bersumber dari tiga izin yang dikeluarkan selama periode Januari hingga Desember 2019 sebanyak 1.064 izin.

    “Masing-masing izin itu adalah Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) sebanyak 97, Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) 847, kemudian Surat Izin Usaha Pengangkutan Ikan (SIKPI) 79, sementara Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP) sebanyak 41. Totalnya 1.064 izin yang keluar sepanjang 2019,” beber Lukman saat ditemui diruang kerjanya.

    “Jadi selama periode tersebut PAD yang masuk untuk Pemprov sebanyak Rp.407 juta lebih,” sambungnya.

    Mantan Kabag Hukum Setdakab Sinjai ini menambahkan, gerai pelayanan administrasi perizinan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Sinjai antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam melakukan inovasi dan penyederhanaan proses pelayanan publik yang transparan, efesien, akuntabel dan tepat waktu.

    “Memang Program Pengembangan Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu secara modern, merupakan salah satu visi dan misi Bupati Sinjai,” kata Lukman.

    Masih kata dia, gerai perizinan perikanan itu merupakan yang pertama di Sulawesi Selatan, sehingga pada beberapa bulan lalu, Kabupaten Sinjai diberikan kesempatan untuk mempresentasikan terkait gerai tersebut.

    “Soal gerai ini, kita pernah presentasikan dihadapan Wakil Gubernur Sulsel, para Kadis PM PTSP se-Sulsel, serta para Kadis Kelautan dan Perikanan se-Sulsel,” pungkasnya. (Jum Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts