BPS Sinjai Gelar Pelatihan Calon Petugas Susenas

0
158

Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong membuka pelatihan calon petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai, di Wisma Sanjaya Putra Sinjai, Rabu (22/1/20).

Pelatihan diikuti sebanyak 43 calon petugas susenas yang terdiri dari 32 petugas pencacah lapangan dan 11 orang pengawas.

Kepala BPS Sinjai Suparno Pani mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal dan materi kepada petugas terkait Standar Opersional Prosedur (SOP) yang harus dilakukan sebelum turun ke lapangan melakukan survei pada bulan Maret mendatang.

“Kami harapkan para petugas sudah memahami SOP sehingga pelatihan ini dapat menjadi dasar peningkatan kualitas data sosial dan ekonomi maupun data ketenagakerjaan yang dihasilkan oleh BPS,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Sinjai mengatakan bahwa susenas ini merupakan survei yang cukup strategis karena menghasilkan data yang memotret kondisi ekonomi sosial masyarakat Sinjai.

“Selaku Pemerintah Daerah kami sangat mendukung dan mengapresiasi survei ini dan mengharapkan melalui pelatihan ini dapat menghasilakn petugas lapangan yang mampu mengimplementasikan hasil pelatihan di lapangan kelak sehingga dapat menghasilkan data yang akurat,” kata Wakil Bupati Sinjai.

Susenas sendiri merupakan kegiatan pengumpulan data yang berkaitan dengan kondisi sosial ekonomi, meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, perumahan dan sosial ekonomi lainnya.

Hasil dari survei ini rencananya akan menjadi data gambaran masyarakat Sinjai dalam kemajuan sosial ekonomi, pendidikan dan kesehatan yang nantinya akan diserahkan hasilnya ke Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat untuk selanjutnya menentukan arah kebijakan untuk masyarakat. (AaN Kominfo Sinjai)