BPS Sinjai Latih Petugas Sakernas

0
79

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai melaksanakan pelatihan petugas pencacah dan petugas pengawas untuk Pendataan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) yang akan dilaksankan bulan Februari tahun 2020.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BPS Sinjai Suparno Pani dan berlangsung dari tanggal 20 hingga 22 Januari 2020 di Wisma Sanjaya Putra.

Dalam kegiatan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) tahun 2020 dilaksanakan dua kali dalam setahun yakni pada bulan Februari untuk menghitung estimasi ditingkat provinsi dan nasional dan pada bulan Agustus nantinya untuk menghitung estimasi sampai level kabupaten/kota.

Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Sinjai Hamka Makmur saat ditemui, Selasa (21/1/20) mengatakan bahwa indikator penting yang dihasilkan melalui kegiatan Sakernas ini adalah untuk menghitung persentase Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK).

“Pelatihan ini diikuti sebanyak 6 orang petugas pencacah (PCL) dan 2 orang petugas pengawas (PML), ” katanya.

Secara umum tujuan mengumpulkan data melalui Sakernas Semester I Tahun 2020 yakni untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan.

“Secara khusus, tujuan sakernas ini untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya seperti kegiatan formal/informal, pekerja anak, pekerjaan layak dan sebagainya, ” katanya. (AaN Kominfo Sinjai)