Optimalkan Pelayanan Berbasis Teknologi, Bupati : Tinggalkan Pola Kerja Manual

0
253

Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa mendorong Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Sinjai untuk segera menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, pemerintah pun dituntut untuk beradaptasi dan terus melakukan revolusi pelayanan publik terbaik. Sistem pelayanan berbasis elektronik dinilai memiliki peluang untuk meningkatkan kualitas layanan menjadi lebih prima melalui canggihnya teknologi.

Bupati berharap, pola kerja dalam pelaporan maupun admininistrasi yang selama ini masih menggunakan kertas atau manual segera ditinggalkan dan menjadikan teknologi sebagai basis utama dalam memudahkan pekerjaan para aparatur.

“Kita harus menjawab tantangan zaman yang sangat akrab dengan dunia teknologi dan informasi, penggunaan teknologi diyakini akan membuat roda pemerintahan dan dinamika serta ekonomi masyarakat berjalan lebih cepat,” kata Bupati saat melakukan tatap muka dengan seluruh jajaran Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Sinjai, Kamis (2/01/20) siang.

Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian harus bisa mengambil peran sebagai operator dan leading sektor dalam proses ini. Organisasi Perangkat Daerah atau OPD juga harus memberikan dukungan dan kerja samanya.

“Jaringan intranet yang sudah ada dimasing-masing OPD agar diberdayakan sehingga kedepan pelaporan dalam administrasi bisa dilakukan secara elektronik dan tidak lagi menggunakan kertas, ” harapnya.

Selain itu kata Bupati, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian diharapkan bisa menjalankan perannya tahun ini lebih baik lagi karena sebagai dinas yang menjad pusat komunikasi data dan informasi bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah.

“Pembangunan di Sinjai ini tidak lepas dari peranan penting Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian sehingga mereka bisa lebih baik, berinovasi, lebih menunjukkan kreatifitasnya, lebih maju dan bisa jadi jembatan antara Pemda dengan masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib mengatakan bahwa kedepan tantangan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian selaku pusat informasi semakin kompleks sehingga ia mengajak seluruh jajarannya untuk bekerja keras dalam mensukseskan program pemerintah.

“Tentunya kami saat ini tidak berhenti mengembangkan teknologi informasi utamanya dalam hal penetrasi di Pemerintahan dan bagaimana agar masyarakat lebih mudah memperoleh segala informasi khususnya informasi pembangunan ,” pungkasnya. (Aan/Kominfo Sinjai)