spot_img
Friday, April 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaFokus Pengembangan Kopi Arabika, Bupati Berikan Bantuan Bibit Kopi 17.500 Pohon

    Fokus Pengembangan Kopi Arabika, Bupati Berikan Bantuan Bibit Kopi 17.500 Pohon

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Tidak hanya Alat dan mesin pertanian (Alsintan), Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa juga memberikan bantuan bibit kopi kepada kelompok tani di Kabupaten Sinjai.

    Jumlahnya mencapai 17.500 pohon, yang peruntukan untuk empat kelompok tani di Kecamatan Sinjai Barat, diantaranya Kelompok Tani Kalotoro, Kelompok Tani Bunga-Bungayya, Kelompok Tani Berua masing-masing di Kelurahan Tassililu dan Pemuda Tani Pettulung, Kelurahan Balakia.

    Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, mengatakan seluruh bibit kopi ini sengaja difokuskan ke Sinjai Barat, sebab jenis bantuan bibit kopi tersebut adalah jenis kopi Arabika yang memang cocok dengan kondisi geografis wilayahnya.

    “Kita berikan ke Kecamatan Sinjai Barat, karena memang masuk prioritas komoditi yang memang terbukti punya potensi kopi jenis Arabika karena berada diketinggian lebih dari 1000 meter diatas permukaan laut”, ujarnya saat ditemui di sela-sela penyerahan bantuan alsintan, Senin (30/12/2019)

    Menurut Andi Seto, kopi arabika punya peluang untuk dikembangkan petani karena kopi arabika kini sudah berhasil menembus pasar Internasional atau ekspor, sehingga moment ini diharapkan menjadi bangkitnya komoditi kopi di Kabupaten Sinjai.

    “Informasi kemarin kalau Koperasi kopi berhasil mengekspor kopi arabika ke Jepang dan Korea. Mudah-mudahan pemkab kedepan fokus pengembangan kopi di Sinjai, makanya bantuannya kami berikan ke Sinjai Barat”, jelasnya.

    Ke depan pengembangan kopi di Kabupaten Sinjai tidak hanya difokuskan di Kecamatan Sinjai Barat, akan tetapi juga akan difokuskan di Kecamatan Sinjai Borong, penghasil kopi robusta. (Irawan Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts