spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeArtikelSIARAN PERS NO. 221/HM/KOMINFO/12/2019

    SIARAN PERS NO. 221/HM/KOMINFO/12/2019

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Tentang Kominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi Bagus Saat Hari Raya Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020

    Dalam rangka mengantisipasi peningkatan dan pergerakan trafik saat Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Perayaan Tahun Baru 2020, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan koordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di lokasi yang menjadi titik keramaian saat perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020.

    Kesiapan infrastruktur jaringan yang dilakukan oleh operator telekomunikasi adalah sebagai berikut:

    Penyelenggara TelekomunikasiInfrastruktur Eksisting, Penambahan infrastruktur dan Peningkatan Kapasitas JaringanPersiapan Posko, SDM dan Layanan Lainnya
    PT. Telkomsel Optimalisasi seluruh jaringan di 533 titik dengan menyediakan 82 Mobile BTS di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat.Secara keseluruhan, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, di mana 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.  a)    Menyiagakan 324 Mobile GRAPARI (MoGI) dan 3.716 outletsisaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa serta aktivasi layanan digital lainnya. Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.b)    Kemudahan pelanggan dapat dijangkau melalui layanan pesan instan, layanan self service GraPARI virtual yang siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7×24 jam yang dapat diakses melalui aplikasi My Telkomsel, LINE, Telegram, dan Facebook Messeger Telkomsel.c)     Menghadirkan Roadshow Natal dan tahun baru (Naru) yang akan memberikan bantuan kepada 2.500 masyarakat yang membutuhkan, 2.500 anak panti asuhan dan 40 tempat ibadah atau Yayasan sosial di empat kota di seluruh Indonesia (Pekanbaru, Bogor, Malang, dan Pontianak).d)    Program Telkomsel Siaga Sebar Hepi 2019 dengan menyediakan berbagai hadiah.
    PT XL Axiata Tbk a)      Pengerahan 30 Mobile BTS.b)      Melakukan pengecekan jaringan/pengukuran QoS di :300 titik pusat keramaian/POI (airport, tempat wisata, bis, stasiun, pelabuhan, mall tempat-tempat ibadah, pusat perayaan tahun baru)3 jalur kereta (Jakarta-Surabaya jalur utara, Sby-Jakarta jalur selatan, Medan Kualanamu Airport-Medan)7 jalur tol (jak-Bogor, Jak-Sby, Sby-Malang, Jak-Merak, Bakauheni-Palembang, Medan-KNIA dan Medan-Tebing)c)      Patroli dan pengecekan jalur-jalur fiber utama bersama dengan semua partner untuk memastikan jalur telekomunikasi berlangsung lancar.Monitoring 24/7 di NOC dengan standby engineer di region pada tempat-tempat penting dan jalur mudik. 
    PT. Indosat, Tbk Penambahan 4 mobile BTS di beberapa lokasi tempat wisata. Penambahan lebih dari 12 ribu BTS 4G secara masif di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2019. Peningkatan kapasitas untuk layanan data, voice, dan SMS. Melakukan Pengukuran QoS dan memastikan QoS dalam kondisi baik terutama di titik keramaian seperti bandara, terminal, stasiun, dan tempat wisata.Melakukan network monitoring secara intensif melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC).  
    PT Hutchison 3 Indonesia a)      Menambah kapasitas di 3490 BTS yang terdiri dari:3410 unit BTS 4G LTE dan80 unit BTS 3Gb)      Ekspansi kapasitas di 3660 BTS 4G di kanal baru spektrum 2100 MHz.c)      160 titik penting dan pusat keramaian terlayani dan dioptimalkan. 15 mobile BTS ditambahkan untuk mendukung di jalan utama dan beberapa pusat keramaian di Jawa seperti di bandara, stasiun kereta dan bus, pelabuhan laut dan kunjungan wisata. a)      3Store beroperasi normal selama libur Natal dan Tahun Baru.b)      3Care dapat diakses melalui:Aplikasi 3Chat melalui aplikasi bima+WA: 08999800123BBM Pin: 24F1E25CEmail: 3care@three.co.idTelp: 123 (dari nomor Tri) atau 08964400123
    PT. Smartfren Telecom Alokasi 29 Mobile BTS: 22 terpasang, 7 standby di lokasi/area regional.a)      Intensive Care & Monitoring seluruh element systems    pada H-14 dan H+14 melalui NOC (Network Operations Centre) di Jakarta dan Surabaya.b)      Kesiapan engineer team aktif, lengkap dengan kendaraan operasional dan Tools yang memadai pada H-7 s/d H+7 dan selalu siap ditugaskan untuk menanggulangi gangguan kapan saja.
    PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia a)      Persiapan cadangan bbm untuk genset backupdi site.b)      Mobile BTS yang dikerahkan: – a)      Pengaturan jadwal shift petugas NoC pusat.b)      Koordinasi dengan building management untuk catu daya terutama kesiapan genset backup dan bbm nya.c)      Koordinasi dan pengaturan dengan field engineering area team.d)      Koordinasi dengan penyelenggara jaringan backhaul untuk jaminan ketersediaan jaringannya.
    PT. Telkom Indonesiaa)      Layanan Prima: Top perform quality of serviceyaitu menyediakan layanan terbaik di Area PREMIUM (Public, Religious, Malls, Indoor, Uniqueness and Massive crowds).b)      Penyiapan Infrastruktur TelkomGroup menjelang SIAGA NARU 2019-2020.Pelatihan Network & Service.Mitigasi Celah Keamanan Network dan IT.a)      Posko 247 TelkomGroup SIAGA NARU 2019-2020 di 7 Telkom Regional dan TIOC Jakarta. 

    (Unduh Tabel Lampiran di sini)

    Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo juga melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di beberapa lokasi, di antaranya di Kawasan Monas yang berdekatan dengan Gereja Katedral, Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma, Taman Mini Indonesia Indah, dan kota-kota lainnya. 

    Hasil pengukuran kualitas layanan ini kemudian disampaikan kepada operator untuk dilakukan optimasi jaringan sehingga masyarakat dapat menikmati layanan telekomunikasi yang berkualitas. Kementerian Kominfo akan terus melakukan pemantauan terhadap performansi jaringan operator seluler dalam menghadapi Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, termasuk PT Telkom dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi massa.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts