spot_img
Friday, April 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaOptimalisasi SPM Kesehatan, Puskesmas Panaikang Gelar Sosialisasi Jampersal

    Optimalisasi SPM Kesehatan, Puskesmas Panaikang Gelar Sosialisasi Jampersal

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Citizen Reporter : Andi Muh. Hijrah

    Optimalisasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Kabupaten Sinjai terus ditingkatkan, khususnya di wilayah Puskesmas Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur.

    Sekaitan dengan hal itu, Puskesmas setempat melakukan sosialisasi Jaminan Persalinan (Jampersal), Jumat, (20/12/2019) di Aula Pertemuan Kantor Camat Sinjai Timur.

    Sosialisasi ini mengahadirkan para Kepala Desa, Kepala Dusun, Kepala Sekolah, Kepala Pustu, Penanggung Jawab PAUD, Kelompok Pembangunan Masyarakat, Pendamping PKH, Pokja IV PKK, dan Ketua Kader Posyandu.

    Camat Sinjai Timur, Andi Amir saat membuka sosialisasi tersebut mengatakan, jaminan persalinan adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang menyasar kesehatan ibu hamil. Sehingga dengan begitu, tidak ada lagi ibu hamil yang tidak mendapat pelayanan kesehatan.

    “Setelah sosialisasi para peserta diharapkan dapat menyampaikan ke masyarakat di bawah tentang apa itu jampersal,” ketusnya.

    Sementara itu, Kepala Puskesmas Panaikang, Wahdaniah Mus sebagai pemateri dalam sosialisasi itu, mengemukakan, bahwa angka kematian ibu dan bayi di Indonesia masih sangat tinggi.

    Salah satu faktornya kata dia, lantaran masih ada ibu hamil yang belum mendapat pelayanan kesehatan. Sehingga untuk menekan angka kematian ibu dan bayi Jampersal yang merupakan program pemerintah perlu disampaikan pada masyarakat agar mengetahui terkait adanya Jaminan Persalinan bagi ibu hamil.

    “Ke depan, akan kita konsultasikan ke kabupaten, supaya masyarakat wilayah puskesmas Panaikang khususnya daerah yang agak jauh jaraknya akan dibuatkan Rumah Tunggu Kehamilan (RTK). Sehingga ibu hamil bisa mendapat pelayanan lebih cepat. Biaya gratis,” kata Wahdaniah.

    Sekedar diketahui, program Jampersal merupakan salah satu intervensi pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Jampersal adalah program untuk mengatasi masalah pembiayaan persalinan yang meliputi pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan nifas termasuk KB pasca persalinan dan pelayanan bayi baru lahir.

    Sosialisasi Jampersal sebagai upaya dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi tersebut juga digelar oleh Puskesmas Lappadata, Kecamatan Sinjai Tengah. (Jum Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts