spot_img
Friday, April 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDepartemen Ilmu Kelautan Unhas Makassar Kunjungan ke Sinjai, Ini Tujuannya

    Departemen Ilmu Kelautan Unhas Makassar Kunjungan ke Sinjai, Ini Tujuannya

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, melalui Departemen Ilmu Kelautan, melakukan kunjungan ke Kabupaten Sinjai.

    Rombongan diterima Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai di Jalan Persatuan Raya Sinjai, Sabtu malam (14/12/2019)

    Selain mahasiswa, menurut Dr, Ir Abd Rasyid Jalil, Departemen Ilmu Kelautan juga memboyong
    Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unhas Makassar ke Bumi Panrita Kitta.

    “Kita ini berjumlah 80 orang, 60 persen Dosen dan 40 persen mahasiswa”, ujarnya saat ditemui.

    Di katakan kunjungan ini tidak lain untuk menerapkan unsur Tridarma Perguruan Tinggi seperti salah satunya kegiatan pengabdian di Kabupaten Sinjai.

    “Kegiatan ini sudah teragenda setiap tahun kita laksanakan di Sulawesi Selatan. Tahun ini kita memilih kabupaten Sinjai karena potensi kabupaten Sinjai di sektor perikanan dan kelautan memang cukup besar, jadi ada hubungan yang sangat erat sekali”, sambungnya.

    Rencananya, Minggu 15 Desember 2019, rombongan akan melakukan pelatihan dan penyuluhan di Kawasan Hutan Mangrove Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur. Terdapat dua Fokus yang menjadi agenda pelatihan dan penyuluhan tersebut.

    Untuk pelatihan akan lebih banyak menyentuh ibu-ibu, wanita nelayan. Pada saat suaminya melaut dia juga memiliki keterampilan dalam hal sektor perikanan dan kelautan. Sedangkan penyuluhan sendiri akan memberikan pemahaman tentang bahaya sampah-sampah yang ada di laut.

    “Unhas menjadi bagian dan melakukan pendampingan, Inshaa Allah karena tugas dosen ada pada Tridarma termasuk penyuluhan dan pengabdian, kami siap menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Sinjai”, jelasnya.

    Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong mengungkapkan kedatangan rombongan Departemen Ilmu Kelautan sangat tepat. Pasalnya, potensi Sinjai yang dikenal luar biasa di bidang perikanan dan kelautan sangat tepat di kolaborasikan dengan seluruh elemen khususnya para akademisi yang ahli di bidangnya.

    “Mari kita bergandeng tangan untuk membangun Sinjai ini dan Inshaa Allah saya berharap sekali potensi-potensi yang ada di Kabupten Sinjai luar biasa, tinggal SDM yang perlu untuk mengelola Sinjai ini supaya lebih bagus lagi, lebih sejahtera dan betul-betul masyarakat bisa merasakan”, harapnya.

    Turut hadir dalam penyambutan mendampingi Wakil Bupati Sinjai, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Sinjai Drs Akbar, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Sinjai. (Irawan Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts