Profil Desa/Kelurahan Harus Akurat dan Terupdate

0
20

Asisten Administrasi Pemerintahan Setdakab Sinjai Dr. H. Mukhlis Isma berharap setiap desa dan kelurahan untuk selalu memperbaharui beragam informasi dan data di desa masing-masing melalui profil desa yang dibuat nantinya.

Hal ini diungkapkan ketika membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) II Penyusunan Profil Desa/Kelurahan, bertempat di Aula Pertemuan Gedung PKK Sinjai,  Kamis (12/12/19).

“Profil desa ini menjadi dasar untuk perencanaan pembangunan dan dalam menyusun data-data desa. Saya harapkan tidak hanya menyusun data yang statis, tetapi data yang disajikan harus akurat, realtime dan update sesuai dengan kondisi terkini dari setiap desa,” katanya.

Salah satu data yang dinilai penting untuk selalu diperbaharui kata Mukhlis seperti data tentang jumlah penduduk, data kondisi setiap rumah tangga termasuk data lainnya yang bisa menjadi basis untuk merencanakan pembangunan kedepan.

“Untuk percepatan pembangunan yang tepat sasaran, kami pemerintah di tingkat kabupaten perlu data-data dasar di tingkat desa,” jelasnya.

Mukhlis mencontohkan, misalnya saja data tentang jumlah warga kurang mampu. Kata dia, perangkat desa harus melakukan pembaharuan data, sehingga ada acuan dalam memberikan bantuan.

“Semuanya data yang tersaji harus jelas, jadi kalau kami di tingkat kabupaten ingin membuat kebijakan dengan mengunakan data yang ada bisa diharapkan lebih fokus dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Sinjai Drs. Abd. Halik menambahkan, pembenahan profil data desa sangat penting dilakukan.

“Profil Data desa yang selalu diperbaharui inilah yang menjadi dasar penyusunan perencanaan pembanguan yang berbasiskan data, bukan berbasiskan perkiraan atau estimasi,” jelasnya. (AaN Kominfo Sinjai)