Pengelola Profil Desa dan Kelurahan Ikuti Rakernis

0
65

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)  Kabupaten Sinjai melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) II Penyusunan Profil Desa/Kelurahan, bertempat di Aula Pertemuan Gedung PKK Sinjai,  Kamis (12/12/19).

Ketua Panitia Syarif Hamra mengatakan bahwa penyusunan profil desa kelurahan merupakan gambaran desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan.

Sementara itu Asisten Administrasi Pemerintahan Setdakab Sinjai Dr. H. Mukhlis Isma yang membuka kegiatan ini saya sampaikan bahwa ketersediaan data dan informasi mengenai desa dan kelurahan merupakan elemen penting dalam penyusunan program dan pengambilan keputusan yang berkaitan langsung dengan masyarakat pada tingkat bawah.

“Profil desa dan kelurahan ini nantinya dapat dijadikan acuan dalam perencanaan pembangunan serta penentuan lokasi program penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Hasil yang diharapkan melalui Rakernis ini adalah terbangunnya komunikasi konstruktif antara pemerintah daerah dan pemerintah kelurahan, tersedianya gambaran menyeluruh tentang potensi dan perkembangan keluarga dan sumber daya manusia serta tersedianya data potensi sumber daya alam dan kelembagaan maupun sarana dan prasarana.

Hadir sebagai narasumber dari Dinas PMD dan Bappeda Sinjai, sedangkan pesertanya para pengelola data profil desa dan kelurahan Se-Kabupaten Sinjai. (AaN Kominfo Sinjai)