spot_img
Wednesday, April 17, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaGiliran Puskesmas Buluppodo Jalani Re-Akreditasi Peningkatan Mutu Layanan

    Giliran Puskesmas Buluppodo Jalani Re-Akreditasi Peningkatan Mutu Layanan

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Citizen Reporter: Andi Muh Hijrah

    Setelah tim komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) melaksanakan Re-Akreditasi di Dua Puskesmas di Kabupaten Sinjai, yaitu Puskesmas Biji Nangka dan Manimpahoi, kini giliran Puskesmas Buluppodo kembali menjalani penilaian yang sama terhadap peningkatan mutu layanan, Kamis (05/12/2019)

    Re-Akreditasi kepada Puskesmas Buluppodo terdiri dari Dr. drg Sriharni P, MARS yang membidangi Administrasi Managemen (Admen), Dr Asmayanti Asrun Tombali di bidang Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) dan Ns Artur D.T.B Lapian SE, S.kep, M. Kes pada
    upaya kesehatan masyarakat (UKM).

    Mereka disambut langsung Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai, dr Andi Suryanto Asapa didampingi Sekretaris Dinkes Sinjai, Irwan Suaib serta Pelaksanaan tugas (Plt) Kepala Puskesmas Buluppodo, Bahraerni Bakri, S.si Apt.

    Di hadapan Surveyor, Kadinkes Sinjai dr Andi Suryanto Asapa menegaskan, mutu pelayanan dan keselamatan pasien serta keselamatan petugas sudah menjadi tanggung jawab Puskesmas yang ada di Sembilan Kecamatan, tak terkecuali di Puskesmas Buluppodo.

    Sehingga, kata dia, meski tidak dilakukan survey, pihaknya tetap melakukan peningkatan mutu layanan di Puskesmas.

    “Memang ini rutin kita lakukan baik dalam peningkatan mutu dan keselamatan pasien, sebab suka atau tidak suka tetap menjadi tanggung jawab kami”, jelasnya.

    Sementara, Plt Kepala Puskesmas Buluppodo, Bahraerni Bakri menuturkan, banyak hal yang telah dilakukan Puskesmas Buluppodo mengenai peningkatan mutu pelayanan sejak ter-akreditasi Madya tahun 2016 lalu.

    Peningkatan mutu pelayanan itu meliputi renovasi, perbaikan, pemeliharaan sarana dan prasarana, penyediaan alat kesehatan dan pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM).

    Survey Akreditasi Puskesmas Buluppodo tersebut akan berlangsung selama tiga hari kedepan hingga tanggal 8 Desember 2019 mendatang.

    Re-Akreditasi sendiri sesuai Amanat Permenkes Nomor 46 Tahun 2015, maka Puskesmas yang telah terakreditasi akan kembali dilakukan akreditasi ulang setiap tiga tahun sekali. Tujuannya, agar Puskesmas tidak terkesan jalan di tempat pasca mendapatkan status terakreditasi.

    Selain Puskesmas Buluppodo, tahun ini Puskesmas Kampala, Kecamatan Sinjai Timur juga akan mengikuti survey Re-Akreditasi dari Komisi Akreditasi Kemenkes RI. (Irawan/Jum Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts