Menuju ‘Satu Data’ Diskominfo Sinjai Gelar Bimtek Statistik Sektoral

0
51

Dalam rangka menyediakan data yang berkualitas sebagai sumber informasi utama, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sinjai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Data Statistik Sektoral, di Kantor Diskominfo dan Persandian Sinjai dari tanggal 2 hingga 5 Desember 2019.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Sinjai Supardi yang membuka kegiatan ini, Senin (2/12/19) menyampaikan bahwa bimtek ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh OPD pentingnya menyediakan data statistik sektoral yang terpusat.

Diskominfo Sinjai selaku wali data mengharapkan seluruh OPD menyampaikan data secara rutin tiap bulan ke Diskominfo Sinjai untuk selanjutnya diteruskan Ke Badan Pusat Statistik Sinjai.

“Tujuan lain bimtek ini kita harapkan seluruh operator data statistik di OPD bisa mengoperasikan aplikasi Simdatik yang diluncurkan BPS nasional. Simdatik ini terintegrasi dengan sim data Sinjai yang dikembangkan Diskominfo Sinjai dimana sistem penyampaian data bukan lagi secara manual tetapi secara online, ” jelasnya.

Supardi mengharapkan agar operator masing-masing OPD memahami materi yang disampaikan dari BPS Sinjai sehingga dapat diimplementasikan.

“Dengan Bimtek ini, mulai tahun depan setiap OPD bisa menyampaikan data secara rutin setiap bulan melalui aplikasi Simdatik atau simdata di Diskomnfo, bukan lagi setiap tahun atau diakhir tahun sehingga data yang ada setiap saat bisa terupdate, tuturnya.

Data statistik ini sangat penting karena juga akan menjadi acuan bagi Pemerintah Pusat dalam menggelontorkan anggaran maupun bantuan kepada Pemerintah Daerah. (AaN/Salim Kominfo Sinjai)