Bupati Buka Orientasi Anggota DPRD Sinjai di Grand Asia Makassar, Ini Harapannya

0
67

Makassar, – Sebanyak 30 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai mengikuti Orientasi anggota DPRD yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kegiatan yang digelar dari tanggal 2 – 6 Desember 2019 ini dibuka oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, di Grand Asia Hotel Makassar.

Plt. Sekretaris DPRD Sinjai, Lukman Mannan mengatakan orientasi anggota DPRD Sinjai ini merupakan kerja sama antara BPSDM Provinsi SulSel dengan Pemerintah Kabupaten Sinjai.

“Jadi Orientasi ini akan berlangsung selama lima hari yang diikuti oleh seluruh anggota DPRD Sinjai yang terbagi 23 Laki-laki dan 7 Perempuan”, Terangnya.

Selain anggota DPRD Sinjai, dalam orientasi ini juga diikuti oleh dua orang anggota DPRD asal Kabupaten Gowa dan Gorontalo. “Keduanya bergabung dengan anggota DPRD Sinjai yang resmi dibuka oleh Bupati Sinjai”, Jelasnya.

Kepala BPSDM SulSel, Ir. H. Imran Jausi menjelaskan orientasi anggota DPRD Sinjai yang diselenggarakan oleh BPSDM ini merupakan tahap akhir.

“Kalau anggota DPRD Kabupaten/Kota lainnya di SulSel itu sudah kita laksanakan dan terakhir untuk anggota DPRD Sinjai yang akan dilaksanakan selama lima hari”, Ujarnya.

Dikatakan orientasi ini wajib diikuti bagi setiap anggota DPRD Kabupaten/Kota berdasarkan aturan yang ada. “Kita berharap semoga orientasi yang diiikuti bagi setiap anggota DPRD ini dapat menjadi bekal dalam mengemban amanah rakyat di lembaga legislatif”, Pintanya.

Untuk itu ia mengajak kepada seluruh anggota DPRD agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik demi menunjang tugas dan fungsinya sebagai anggota dewan.

Sementara itu Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPSDM SulSel yang telah melaksanakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kompetensi segenap pimpinan dan anggota DPRD Sinjai dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

“Orientasi ini adalah amanat dari Undang-undang, dimana anggota DPRD mempunyai hak untuk mengikuti orientasi dan pendalaman pelaksanaan tugas sebagai anggota DPRD pada permulaan masa jabatannya.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara pemerintahan diharapkan segenap pimpinan dan anggota DPRD memiliki kemampuan dan keterampilan dan melakukan kemitraan dan koordinasi dengan pemerintah daerah.

“Semoga kemitraan dan koordinasi angggota DPRD dengan Pemerintah daerah tetap terjalin dengan baik dan harmonis sehingga sinergitas dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah dapat terwujud”, Harap Bupati

Terakhir Ia meminta kepada seluruh angggota DPRD Sinjai untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik demi mendediskasikan diri untuk kemajuan Kabupaten Sinjai.

Laporan: Anto Salam