Ini Tujuan Disdik Sinjai Gelar Diseminasi SPMI

0
93

Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai menggelar kegiatan Diseminasi hasil pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) program sekolah model Tahun 2019 di Aula Handayani Dinas Pendidikan Sinjai, Selasa (26/11/19).

Dalam diseminasi ini bertujuan memberikan informasi terkini tentang pemetaan program sekolah model dan Implementasi kurikulum 2013.

Diseminasi SPMI tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong dan dihadiri oleh Perwakilan LPMP Sulsel Andi Rahmaniar, BKPSDMA Sinjai, Bappeda dan Dewan Pendidikan Sinjai.

Ketua Panitia Adam Malik mengatakan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari 20 sekolah model di Sinjai, perwakilan dari sekolah rujukan dan sekolah bermutu serta beberapa stakeholder lainnya.

“Sekolah model ini berasal dari 15 Sekolah Dasar dan 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mempresentasekan dan memamerkan kemajuan yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir ini, ” katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Sinjai dr. A. Suryanto Asapa mengatakan bahwa Sekolah Model SPMI ini bukan sekadar seremonial tanpa makna, akan tetapi, kegiatan ini merupakan bentuk kongkrit untuk menunjukkan bahwa satuan pendidikan sedang berupaya meningkatkan mutu pendidikan.

“Ada 20 sekolah model yang ikut, saya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. Saya berharap sekolah model yang ada di Sinjai bisa mengimbaskan kepada sekolah yang ada di sekitarnya,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong menyampaikan bahwa seluruh satuan pendidikan berkewajiban menerapkan SPMI, meski hal ini tidak mudah diwujudkan sehingga perlu ada perencanaan dan pendampingan yang kontinyu dari LPMP.

“LPMP harus mampu memberikan pemahaman agar tejadi penyebarluasan ide, gagasan dan inovasi dalam pemenuhan standar pendidikan yang diharapkan.

Ia berharap penetapan sekolah model pada tiap kecamatan ini dapat dilakukan akurat sehingga tersedia fasilitator dari sekolah tersebut untuk mengimbaskan ke sekolah lain.

“Adanya sekolah model ini bisa menjadi conton bagi sekolah lain dalam hal peningkatan kualitas dan mutu dan ini sangat sejalan dengan visi Pemkab Sinjai dalam menciptakan SDM yang unggul dan berdaya saing, ” tuturnya. (AaN Kominfo Sinjai)