spot_img
Sunday, May 19, 2024
More
    spot_img

    Pusdongkel Sinjai Manfaatkan CFD Bangun Kepribadian Anak Melalui Mendongeng

    More articles

    Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan yang disukai. Salah satunya dengan datang ke kawasan Car Free Day (CFD) untuk berolahraga, bersosialisasi, mendengarkan hiburan dan lainnya.

    Moment CFD ini pula, Perpustakaan dan dongeng keliling (Pusdongkel) pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Sinjai, dimanfaatkan untuk membangun kepribadian anak melalui cerita Dongeng.

    Mirfayani Mirsal Pendiri Rumah Dongeng Sinjai, mengungkapkan, mendongeng yang dilakukan ini rutin dilaksanakan setiap minggu pagi di lokasi CFD.

    Meski masih tabuh di Sinjai, namun melalui mendongeng diyakini dapat membentuk karakter dan ahklak anak, sebab kata dia, anak akan lebih lama mengingat dari pada disuruh langsung.

    “Jadi kami menanamkan suatu kepribadian melalui cerita Dongeng, dan ini akan di ulang selama 3 pertemuan sehingga mudah di ingat”, pungkas Yani sapaan akrabnya, Minggu (24/11/2019)

    Melalui Pusdongkel di CFD, anak-anak dilatih untuk bisa mendengar, mengembangkan imajinasi serta melatih kepercayaan diri anak-anak, seperti berani berekspresi dan tampil di depan.

    “Kita juga mengajak membaca buku. Baca buku bukan sekedar membaca, tapi paham akan apa yang dibaca dan menulis sedikit apa yang telah dibaca”, jelasnya.

    Selain di lokasi CFD, Pusdongkel Sinjai kini juga telah menyentuh sejumlah kecamatan untuk membudayakan dongeng di Bumi Panrita Kitta.

    Pusdongkel Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sinjai sendiri telah berdiri sejak 1 tahun silam, yakni di tahun 2018 lalu. (Irawan Kominfo Sinjai)

    - Advertisement -spot_img

    Latest