spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaCegah Stunting, TP PKK Sinjai Evaluasi Capaian Sasaran Posyandu Hingga ke Desa-Desa

    Cegah Stunting, TP PKK Sinjai Evaluasi Capaian Sasaran Posyandu Hingga ke Desa-Desa

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sinjai kembali mengadakan pertemuan bersama kader PKK yang tersebar di Sembilan Kecamatan, Senin (11/11/19)

    Pertemuan yang dilaksanakan di Aula Gedung Wisma Hawai tersebut, mengenai Evaluasi kesehatan ibu hamil, melahirkan, menyusui, anak balita dan pra sekolah di wilayah Kabupaten Sinjai.

    Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai, Ira Ekawati Suryanto Asapa, mengungkapkan pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang telah dilaksanakan TP PKK Sinjai pada Juni Kemarin.

    Tujuannya, untuk mengetahui sejauh mana capaian sasaran posyandu kader PKK selama beberapa bulan terakhir.

    Sekaligus untuk meningkatnya capaian kemampuan hidup sehat melalui peningkatan derajat kesehatan yang optimal, sehingga angka Stunting di Kabupaten Sinjai dapat dicegah dan ditekan.

    “Jadi kita akan mendapatkan gambaran sasaran, capaiannya dan hambatannya kalau ternyata sasaran posyandunya tidak tercapai”, pungkasnya.

    Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai tahun 2018, kasus stunting masih berada di 10 besar di Sulsel.

    “Ini bukan suatu kebanggan kita dengan sumber daya kita yang mumpuni, karena masih berada diurutan ke tujuh di Sulsel”, tambahnya.

    Olehnya itu, Ira Ekawati Suryanto Asapa berharap pengaktifan Dasa Wisma PKK di Masyarakat segera dilaksanakan, sebab dengan pelibatan fungsi Dasa Wisma sebagai garda terdepan di masyarakat akan dapat memantau gejala Stunting dan sebagainya.

    “Sebenarnya stunting bisa dicegah, seandainya Ibu hamil misalnya memanfaatkan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), karena mereka bisa mendapat informasi apa yang harus mereka komsumsi, termasuk asupan gizi yang baik di masa mengandung untuk si bayi”, jelasnya.

    Pertemuan yang mengangkat tema “Asupan gizi 1000 hari pertama kehidupan (HPK)”, ini menghadirkan narasumber dari poli gizi klinik RSUD Sinjai, dr Nur Rahmat Adi Sawe serta Mardiana Burhanuddin.

    Turut hadir Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, Haeruddin, para Wakil Ketua TP PKK Sinjai, Sekretaris TP PKK Sinjai serta para kader TP PKK mulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat Desa/Kelurahan. (Irawan Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts