Memperingati Hari Anak Internasional, Siswa Sinjai Outdoor Classroom Day

0
26

Kegiatan Outdoor Classroom Day (OCDay) atau hari belajar di luar kelas yang dicanangkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI, dalam rangka memperingati hari anak internasional, ini disambut baik Dinas Pendidikan (Disdik) Sinjai.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadisdik, dr Andi Suryanto Asapa mengungkapkan, program hari belajar di luar kelas penting dilaksanakan di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah Kabupaten Sinjai.

Betapa tidak, Kabupaten yang saat ini kembali mengantongi penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2019 dinilai pantas memberi ruang kepada para pelajar untuk merasakan program tersebut.

“Jadi ini bentuk dukungan Ramah Anak sekaligus memberi ruang atau wadah refreshing bagi anak-anak kita yang setiap harinya belajar di dalam kelas”, ucap Suryanto yang ditemui, Kamis (07/11/19)

Bahkan, Disdik Sinjai ungkapnya, mewacanakan hari belajar di luar kelas dilaksanakan setiap sebulan sekali Sebab Suryanto yang juga Kadinkes Sinjai, itu yakin pengembangan literasi belajar akan memberi warna ketika diselingi belajar diluar kelas.

Hal itu dinilai cukup baik, sebab meski baru pertama kali dilaksanakan hari ini, terbukti respon pelajar sangat menyambut positif.

“Tadi kami sempat memantau melalui Microshop Tim, dan ini dianggap menjadi suasana baru oleh anak-anak kita, makanya kita usahakan sekali dalam sebulan seperti ini”, jelasnya.

Di Kabupaten Sinjai sendiri, hari belajar diluar kelas di isi dengan pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi dan baca buku.

Termasuk kerja bakti dengan membersihkan ruang kelas dan halaman sekolah, olahraga tradisonal seperti lomba lari karung dan lainnya.

Rangkaian kegiatan lainnya, cuci tangan, berdoa sebelum sarapan 4 sehat 5 sempurna dan ditutup dengan menyanyikan lagu maju tak gentar. (Irawan Kominfo Sinjai)